SMP Mutual Kota Magelang Siapkan Mental Dakwah Melalui Muhadhoroh

PROGRAM. Pembelajaran Muhadhoroh disiapkan SMP Mutual untuk penyiapan santri.
PROGRAM. Pembelajaran Muhadhoroh disiapkan SMP Mutual untuk penyiapan santri.

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES. COM-Muhammdiyah Boarding School (MBS) SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang merupakan satu-satunya sekolah berbasis pesantren Muhammadiyah di Kota Magelang.

Selain memberikan penguatan ilmu keagamaan, salah satu kurikulum yang dibuat adalah menyiapkan kader dakwah yang kelak dapat mensyiarkan Islam. Demikian dikatakan oleh Ahmad Haryanto selaku direktur MBS Kota Magelang.

“Kita berharap, kelak para santri MBS ini dapat kembali ke daerah masing-masing untuk tetap mendakwakan Islam,” katanya.

Ditambahkan, selama liburan, biasanya para santri mendapatkan tugas untuk bisa kultum dilingkungan masjid dan musholla mereka. Ada pula yang mengajar TPA sebagai bagian dari pengabdian masyarakat.

“Maka melalui pembelajaran muhadhoroh ini diharapkan mampu mengasah mental mereka untuk berbicara didepan umum”, ujarnya.

Dalam kegiatan kali ini, para santri berganti untuk tampil berpidato maupun kultum.
Wasi’un selaku kepala SMP Mutual Kota Magelang menyampaikan bahwa siswanya yang masuk program boarding memang dibekali ilmu-ilmu dakwah. Salah satunya adalah kurikulum dengan adanya materi pembelajaran muhadhoroh.”Ini sisi lain dari program boarding. Tentu tidak didapatkan diprogram fullday,” ungkapnya.

Selaku lulusan pesantren, Wasi’un merasa bermanfaat dengan adanya pembelajaran tersebut. Menurutnya, pengalaman dan ilmu yang pernah dia dapatkan bisa menjadi pengalaman dalam menahkodai SMP Mutual saat ini.

“Di masyarakat tentu nantinya ini akan penting. Mereka punya mental yang berbeda. Setidaknya, lulusan SMP Mutual dengan program boarding school harus berani kultum atau ceramah,”pungkasnya. (hen/adv)