SMK Negeri 3 Magelang Tampil di OSOP di Jogjakarta

SMK Negeri 3 Magelang Tampil di OSOP di Jogjakarta
PROMOSI. Presentasi SMK Negeri 3 Magelang dalam kegiatan OSOP, yaitu untuk mempromosikan SMK dan ajang LKS Nasional ke sekolah-sekolah yang ada di Jogjakarta.

JOGJAKARTA – OSOP (One School One Province) merupakan penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan mengenalkan dunia SMK kepada para siswa SMP serta menarik minat siswa SMP untuk masuk SMK.

Kegiatan menunjukkan budaya provinsi asal peserta LKS dan mengajak siswa SMP untuk datang ke venue perlombaan di Jogja Expo Centre (JEC). Di luar negeri untuk kegiatan OSOP ini dikenal dengan OSOC (One School One Country) dengan kegiatan yang hampir mempunyai tujuan yang sama.

SMK Negeri 3 Magelang dipercaya mewakili SMK di Jawa Tengah mengisi kegiatan OSOP beberapa waktu yang lalu, yaitu untuk mempromosikan SMK dan ajang LKS Nasional ke sekolah-sekolah yang ada di Jogjakarta.

Sekolah yang dikunjungi adalah SMP Negeri 7 Jogjakarta. Di mana sekolah ini berbasis budaya daerah. Kegiatan OSOP di SMP Negeri 7 Jogjakarta dihadiri oleh Suhardiman dari Direktorat PSMK, Frans dan Andri dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, siswa-siswi dari SMK Adiwerna Tegal, Mila Yustiana selaku kepala SMK Negeri 3 Magelang, Kepala SMP Negeri 7 Jogjakarta beserta jajarannya, siswa-siswi SMP Negeri 7 Jogjakarta dan seluruh kontingen LKS Nasional dari 28 mata lomba yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan OSOP ini diisi dengan penampilan kesenian dari siswa-siswi SMP Negeri 7 Jogjakarta. Mereka menampilkan tarian dan musik Orkestra biola yang sangat indah. Sedangkan yang berbeda dengan SMK yang lainnya, SMK Negeri 3 Magelang tidak menampilkan kesenian daerah melainkan menampilkan suatu demontrasi dari beberapa ketrampilan yang rumpunnya adalah Pariwisata. SMK Negeri 3 Magelang mendemontrasikan  keterampilan Animal Folding Towel yaitu seni melipat handuk untuk dekorasi kamar hotel dengan spesial request misalnya untuk moment honeymoon oleh salah satu siswa pemenang LKS Provinsi Jawa Tengah mata lomba Housekeeping (Perhotelan) yaitu Irna Multahada.

Artikel Menarik Lainnya :  SMKN 3 Magelang Gelar Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek

Ketrampilan yang lainnya adalah mendemontrasikan plating Gethuk Gendok (Gethuk Trio) sebagai kuliner khas Magelang yang digarnish  dengan sangat cantik dilakukan oleh Aji Bagus.

Selain itu dibagikan juga produk unggulan SMK Negeri 3 Magelang yaitu Bwowncafies dan Gift d’JeLiPat untuk seluruh peserta yang hadir. Antusias peserta semakin meningkat, ketika dari mereka minta untuk ikut langsung mengikuti dan mmpraktekkan beberapa ketrampilan tersebut di panggung.

Hasil yang mereka praktekkan pun tidak jauh berbeda dengan yang didemontrasikan. Kegiatan Promosi SMK, LKS dan Demontrasi ini dipandu oleh WM Aulia sebagai salah satu guru di Perhotelan SMK Negeri 3 Magelang.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd. M.Mpar menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan kesempatan kepada SMK Negeri 3 Magelang untuk menampilkan karya hebat dari para siswa di acara OSOP dalam kegiatan LKS tingkat Nasional di Jogjakarta. Hal ini sebagai kesempatan mengenalkan SMK dan sekaligus membanggakan SMK dengan kompetensi unggulan yang dimiliki.

Testimoni dari para siswa baik dari SMP Negeri 7 Yogyakarta maupun kontingen LKS sangatlah positif. Mereka sangat tertarik untuk masuk SMK dan menjadi tau bahwa di SMK khususnya di bidang Pariwisata sangatlah banyak, keterampilan yang diberikan dan menyenangkan karena dapat memilih sesuai dengan Passion mereka. (rls/adv)