SMK Negeri 3 Magelang Gelar Workshop Penguatan Ekosistem GSM

Mohamad Kuriawan, ST (Narasumber) sedang memaparkan materinya (Foto: IST )

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – SMK Negeri 3 Magelang menggelar Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Senin (22/11/2021) di aula sekolah setempat.

Mohamad Kurniawan ST selaku koordinator pendampingan SMK Pusat Keunggulan pada GSM menyampaikan bahwa sekolah menyenangkan mengadopsi prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara.

“Mendidik adalah menuntun segala kekuatan  kodrat yang ada pada anak- anak, agar  mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan, kebermanfaatan bagi dirinya, bangsanya dan masyarakatnya, juga untuk kebahagiaan yang setinggi-tingginya,” tambahnya.

Narasumber kedua, Yuliana Setiasih SPd memaparkan tentang Social Emotional Learning (SEL), yakni proses mengembangkan kemampuan (skills), sikap (attitude), dan nilai yang diperlukan untuk mendapatkan kemampuan sosial dan emosi.

“Melalui SEL, anak dan orang dewasa belajar mengenali dan mengelola emosi, perhatian kepada orang lain, membuat keputusan yang baik, berperilaku etis dan bertanggungjawab, mengembangkan relasi positif, serta mencegah atau menghindari perilaku negatif,” katanya.

Kegiatan diikuti seluruh  guru SMK Negeri 3 Magelang sebanyak 77 orang, baik guru mata pelajaran umum maupun kejuruan di 5 program keahlian, baik Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana.

Bapak/ ibu guru bekerja dalam kelompok atau berkolaborasi membuat sebuah projek yang melibatkan beberapa mata pelajaran sesuai dengan peran yang dapat dimainkan untuk menyelesaikan Capaian Pembelajaran yang sudah disepakati.

Semua guru mengikuti kegiatan dengan antusias dan tetap mengikuti protokol kesehatan. (adv/umi khayah rusiyanah)

Artikel Menarik Lainnya :  SMKN 3 Magelang Gelar Pendampingan Penyusunan Syarat-syarat Pengembangan BLUD