SMK Negeri 2 Magelang Terapkan PKL Online

SEMANGAT. Sejumlah siswa SMKN 2 Magelang tampak semangat saat melakukan PKL Online. (Foto dokumen smkn2 magelang)
SEMANGAT. Sejumlah siswa SMKN 2 Magelang tampak semangat saat melakukan PKL Online. (Foto dokumen smkn2 magelang)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sejumlah Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 2 Magelang, menerapkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara online.

DUDIKA yang menerapkan PKL online di antaranya Technophoria, Medika Buana, dan Indotech. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas dasar masih berlakunya PPKM di daerah setempat. Kegiatan diprediksi akan berjalan hingga PPKM berakhir sesuai dengan kebijakan tiap-tiap DUDIKA.

“Metode PKL online atau daring merupakan metode yang paling tepat digunakan untuk PKL pada masa pandemi,” ungkap Arifin Andi Gunawan SKom, wakil kepala sekolah bagian Humas.

Teknis pelaksanaan PKL online untuk setiap DUDIKA berbeda. Beberapa DUDIKA menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan memberikan project dari perusahaannya pada siswa secara online.

Project Based Learning adalah pembelajaran berbasis projek di mana siswa diminta untuk menyelesaikan projek dengan prosedur kerja dan batas waktu tertentu,” ungkap Ahmad Wildan Listyanto SPd MKom, salah satu guru pembimbing PKL.

Menurut Wildan, sejumlah siswa PKL tetap semangat melakukan PKL walaupun online. Hal itu ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam bertanya pada pembimbing terkait tugas-tugas yang diberikan DUDIKA.

“PKL online menurut kami sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya, kami masih tetap bisa melakukan PKL walaupun dalam keadaan pandemi. Sisi negatifnya adalah keterbatasan komunikasi antara DUDIKA dan Industri,” ungkap Bagas Fajar Santoso, salah satu siswa PKL.

Dengan diterapkannya metode tersebut, sejumlah guru berharap agar DUDIKA mengutamakan capaian kompetensi kerja siswa dengan menjaga kualitas prosedur kerja yang diberikan.

“Kami berharap agar semua DUDIKA yang bermitra dengan kami, bisa mengupayakan terselenggaranya PKL walaupun dengan menggunakan metode online,” pungkas Arifin Andi Gunawan di akhir wawancara. SMK Bisa ! SMK Hebat ! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara !. (adv/tim jurnalistik skanida)

Artikel Menarik Lainnya :  Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan