SMK N 2 Magelang MoU Program Magang Siswa dengan DINKOP UKM Jawa Tengah

PENANDATANGANAN. usai penandatanganan perjanjian teknis antara Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah dengan kepala SMKN terkait berfoto bersama. (Foto dokumen smkn2 magelang)
PENANDATANGANAN. usai penandatanganan perjanjian teknis antara Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah dengan kepala SMKN terkait berfoto bersama. (Foto dokumen smkn2 magelang)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kepala SMK N 2 Magelang melakukan MOU Program Magang Siswa dengan DINKOP UKM Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Laras Asri Kota Salatiga pukul 14.00 s.d. selesai.

Kegiatan diawali dengan bimtek pengembangan marketing online. Pada akhir kegiatan bimtek dilaksanakan penandatanganan perjanjian teknis antara Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah dengan kepala SMKN terkait.

Delapan orang siswa SMKN 2 Magelang terpilih sebagai mitra dari DINKOP. Siswa terplih akan melaksanakan program magang selama tiga bulan yaitu pada bulan Juni s.d. Agustus 2022.

Pada kegiatan tersebut siswa akan mendampingi UKM selama 3 bulan. Siswa juga mendapat pelatihan dari AULIA PERSADA.

“Alhamdulillah, sekolah kami mendapatkan kesempatan learning and sharing. Dan bagi siswa siswi terpilih, tentu kami merasa bangga, karena tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan ini”, ungkap Bapak Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T, Kepala SMK N 2 Magelang

Selain memperoleh pengalaman, peserta magang mendapatkan bantuan operasional dari DINKOP 500.000/anak

“Semoga kami dapat melaksanakan amanah dan kesempatan ini dengan tanggung jawab,” ungkap El Yahya Zakirio salah satu siswa terpilih.

Tak hanya siswa, sekolah juga memperoleh benefit dari kegiatan tersebut di antaranya; Akan mendapatkan MOU Dari Dinas koperasi UKM PROV Jateng untuk menunjang akreditasi sekolah, sertifikat dari DINKOP, relasi UKM dari DINKOP, sertifikat dari Aulia Persada.

Dari berbagai keuntungan yang diperoleh yang terpenting adalah terjadinya Link n Match antara Sekolah VOKASI, Dunia Usaha dan Industri.

“Melalui kegiatan ini siswa mendapatkan pengalaman dalam mengelola, membangun serta mempraktikkan kewirausahaan secara nyata”, tambah Bapak Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

“Kami berterima kasih kepada DINKOP UKMjawa tengah yang telah memberikan kesempatan dan dukungan kepada siswa SMKN 2 Magelang untuk berpartisipasi dalam program ini. Kami berharap, siswa2 kami dapat berproses bersama UKM, sehingga ilmu2 selama proses magang yang didapatkan dapat berguna untuk masa depan merekq. Semoga kerja sama yang terjalin antara sekolah kami dan Dinkop UKM dapat berjalan baik dan secara kontinyu dilaksanakan tiap tahun”, ungkap Fieka Praditaliana, S.Pd. selaku pendamping guru SMK N 2 Magelang. (adv/tim jurnalistik skanida)