SMK N 2 Magelang Kembali Torehkan Prestasi

SMK N 2 Magelang Kembali Torehkan Prestasi
JUARA. Tiga siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 2 Magelang berhasil memborong juara LKAP 2021 .

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – SMK Negeri 2 kembali borong kejuaraan pada Lomba Kompetensi Administrasi Perkantoran (LKAP) 2021. Lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dilaksanakan sejak 7 hingga 8 Agustus 2021.

“Bulan Juli kemarin kami memperoleh informasi LKAP dari lulusan SMK N 2. Selanjutnya kami persiapkan siswa dan melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Sekedar informasi bahwa siswa yang kami kirimkan merupakan anak pilihan, yang merupakan  anggota tim lomba pekerjaan kantor yang diadakan tahun lalu,” terang Dra Tri Sulistyowati pembimbing lomba LKAP SMK N 2 Magelang.

Lomba LKAP terbagi menjadi berapa tahapan di antaranya; kemampuan mengetik untuk tahap-1, kemampuan korespondensi bahasa inggris kearsipan agenda perjalanan dinas pengelolaan kas kecil untuk tahap-2 dan english public speaking di tahap-3.

Di awal pendaftaran calon peserta lomba juga diwajibkan membuat karya tulis essay dengan tema Optimalisasi administrasi perkantoran  dalam menghadapi society 5.0 di era new Normal. Lomba dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

“Dari sekian banyak kurang lebih terdapat 16 peserta masuk di dalam babak tahap 1 berlanjut tahap 2. Pada tahap-3 peserta melakukan presentasi hasil essay melalui aplikasi zoom. Kegiatan selanjutnya yaitu membuat agenda perjalanan dinas dan membuat laporan keuangan. Itu waktunya hanya 4 jam,” tambah Dra Tri Sulistyowati.

Setelah melalui proses persiapan hingga pelaksanaan yang panjang SMK N 2 Magelang berhasil borong kejuaraan. Peringkat 1 diraih oleh Ratna Ully Sifa, peringkat 3 diraih oleh Retno Rekayati, dan peringkat 7 di raih oleh Umi Masruroh yang ketiganya berasal dari jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 2 Magelang.

“Perasaan saya yang pasti seneng dan bangga sama diri sendiri tentunya, alhamdulillah sama Allah dikasih kesempatan buat dapet rezeki yang sangat besar buat saya. Seneng juga bisa mengharumkan nama sekolah dan kedua orang tua. Apa yang kami ikhtiarkan sebanding dengan apa yang diperoleh. Bisa dapet ilmu yang banyak dari pembimbing dan seneng bisa punya pengalaman yang baik”, ungkap Ratna Ully Sifa peraih peringkat pertama LKAP.

Artikel Menarik Lainnya :  Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan

Retno rekayati peraih peringkat ketiga menjelaskan persiapan yang dilakukan diantaranya membuat jadwal latihan rutin, mempersiapkan keperluan lomba, mengatur strategi  serta tak lupa minta doa restu orang tua.

“Apresiasi sangat tinggi utk siswa yang meraih kejuaraan LKAP. Walau dalam masa Pandemi pembelajaran juga masih daring/jarak jauh, namun tetap bisa tunjukkan prestasi. Semoga bisa jadi contoh untuk siswa lain. No Mager!, Pandemi tetap berprestasi. Tunjukkan terus keahlianmu !”, ungkap Mila Yustiana S.Pd., M.MPar. kepala sekolah setempat. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Mgaelang Unggul dan Juara!. (adv/tim jurnalistik skanida)