SMK Citra Medika Siapkan Siswanya Jadi Calon Caregiver di Jepang

SMK Citra Medika mengadakan kegiatan bertema ”Make your choice, achieve your success & Reinforce Work Culture to Achieve Success in Japan. Tentukan Pilihanmu, Raih Suksesmu”, Selasa (16/11) di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang (dok/magelang ekspres)
SMK Citra Medika mengadakan kegiatan bertema ”Make your choice, achieve your success & Reinforce Work Culture to Achieve Success in Japan. Tentukan Pilihanmu, Raih Suksesmu”, Selasa (16/11) di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang (dok/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Kota Magelang, SMK Citra Medika mengadakan kegiatan bertema ”Make your choice, achieve your success & Reinforce Work Culture to Achieve Success in Japan. Tentukan Pilihanmu, Raih Suksesmu”, Selasa (16/11) lalu. Kegiatan itu dilaksanakan di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, diikuti 209 siswa kelas XII dari Jurusan Farmasi dan Keperawatan.

Kepala SMK Citra Medika, Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto SE MM mengatakan, kegiatan tersebut meliputi, pembukaan intensif Ujian Sertifikasi Kompetensi, mini outbond, inspiring success studi lanjut, dan sukses meraih karir di negara Jepang sebagai caregiver.

”Tujuannya sendiri guna memberikan spirit serta gambaran para siswa tentang pelaksanaan Ujian Sertifikasi Kompetensi,” katanya.

Selain memberikan gambaran tentang budaya kerja di Negeri Sakura, sebagai caregiver, diharapkan para siswa mampu mengenal lebih dalam tentang profesi sebagai caregiver. Termasuk mendapatkan inspirasi studi lanjut, sehingga siswa makin optimis untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Turut menjadi pemateri pada kesempatan itu antara lain dari Universitas Duta Bangsa Surakarta dan Politeknik Indonusa Surakarta.

Hendratno menambahkan bahwa ada hal yang menarik dalam kegiatan ini. Sebab, para siswa turut diajarkan tentang budaya kerja di Jepang.

”Misalnya bagaimana cara menggunakan pakaian khas negara Jepang, bagaimana menerapkan senyum, sapa, salam kepada pasien serta bagaimana cara memberikan pelayanan prima kepada pasien dan lain-lain,” ucapnya.

Hanna Nur Aeni Yulia SS, Pemateri dari Universitas Duta Bangsa Surakarta memberikan apresiasi kepada siswa SMK Citra Medika Kota Magelang yang mempunyai tekad tinggi untuk bekerja di Jepang. Dia berpesan kepada siswa, agar senantiasa menjaga etika dengan baik, menyiapkan mental, serta memperkuat penguasaan bahasa Jepang.

Artikel Menarik Lainnya :  Alhamdulillah! Dua Guru di Kota Magelang Raih Medali Emas Ajang Gurulympics 2021

Selanjutnya, untuk menambah keseruan dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk mengikuti mini outbond. Selain untuk menambah semangat siswa, kegiatan mini outbond ini juga mengandung makna menambah keakraban, kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama.

Siswa juga diminta menuliskan cita-cita maupun harapan setelah lulus kelak. Kertas berisi cita-cita para siswa ini kemudian digantungkan di pohon harapan yang telah disediakan. (adv/wid)