SMK Citra Medika Beri Pemahaman Pengamalan Pancasila

VIRTUAL. SMK Citra Medika Kota Magelang memberikan pemahaman nilai-nilai kebangsaan ber-Pancasila secara daring yang diikuti seluruh siswa kelas X sekolah tersebut, kemarin. (foto : dok/magelang ekspres)
VIRTUAL. SMK Citra Medika Kota Magelang memberikan pemahaman nilai-nilai kebangsaan ber-Pancasila secara daring yang diikuti seluruh siswa kelas X sekolah tersebut, kemarin. (foto : dok/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – SMK Citra Medika Kota Magelang berupaya dapat mencetak generasi muda yang berkarakter dan berjiwa Pancasila. Melalui webinar, sekolah mencoba membuka pemahaman dasar negara tersebut agar dimiliki para siswa.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Veronica Rani MPd mengatakan, pengalaman nilai-nilai Pancasila sebagai jembatan siswa untuk berperilaku baik, berbudi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

”Kurikulum SMK Citra Medika ditujukan untuk mencetak profil lulusan yang berkarakter. Oleh karena itu, dengan kompetensinya kami harap mampu menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila,” katanya di sela acara yang dibuka secara daring tersebut.

Menurutnya, Pancasila dapat diimplementasikan pada pembelajaran sejak dini. Hal ini supaya siswa memiliki karakter yang baik, bahkan saat terjun di dunia usaha atau industri ke depannya.

Kepala Sekolah SMK Citra Medika Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto SE MM menambahkan, pihaknya berencana menerapkan dimensi profil Pancasila di sekolahnya. Beberapa aspek tersebut menyematkan keimanan, bhinneka global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

”Kami harap peserta didik tidak hanya mampu mengimplementasikan dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila saja. Namun juga harus berkarakter,” tandasnya.

Webinar ini diikuti setidaknya 162 siswa kelas X secara daring. Turut dihadirkan, Serma Edhie Suryanto dari Kodim 0705/Magelang. Menurut Edhie, selain sebagai dasar negara, Pancasila juga merupakan ideologi bangsa, dan pedoman hidup.

”Pancasila diimplementasikan untuk menjaga dan melindungi keutuhan NKRI,” tuturnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Wajib Pautuhi Prokes, 2.600 Peserta Seleksi CASN Ikuti Tes di UNY