SMA Taruna Muhammadiyah Meluluskan 12 Siswa Angkatan Pertama

LULUSAN. SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring luluskan siswa angkatan pertama dalam acara Prasetya Taruna Angkatan Pertama.

MAGELANGEKSPRES.MUNTILAN – SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Jawa Tengah meluluskan dua belas siswa angkatan pertama. Acara wisuda kelulusan yang bertajuk Prasetia Alumni Taruna Angkatan Pertama pada beberapa waktu yang lalu tersebut diawali dengan prosesi upacara.

Bertempat di halaman sekolah kegiatan upacara dipimpin langsung oleh Kepala SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Hima Sugiyarto.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir yang hadir pada kegiatan tersebut berkesempatan untuk menyerahkan cinderamata kepada para wisudawan yang disaksikan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari dan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Muhammad Tohirin.

Para taruna mengucapkan ikrar sebagai alumni untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT, setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), siap menjadi kader Muhammadiyah, mengamalkan nilai-nilai yang telah diajarkan, serta menjaga nama baik sekolah. Dengan pengucapan ikrar tersebut diharapkan nilai-nilai keagamaan dan ketarunaan akan tetap melekat dalam jiwa para taruna di manapun mereka berada nantinya.

Dalam upacara ini juga diberikan penghargaan Adibrata Tarunatama kepada Rizqy Aisha Rafif  Zuhraida sebagai lulusan terbaik. Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Ketua Panitia Prasetia Alumni Taruna Angkatan Pertama Fatchan Amin pada Jumat (16/4/2021).

Dalam sambutannya, Tafsir menyampaikan pesan kepada para taruna dimanapun berada, tetaplah menjadi tauladan kebaikan bagi lingkungannya. Para alumni harus mempunyai hati yang teguh dalam memegang nilai dan prinsip hidup yang telah diajarkan.

Kepala SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Hima Sugiyarto, menyampaikan, taruna harus dapat meneladani tokoh Jenderal Soedirman yang tidak mengenal kata menyerah meskipun harus berjuang dalam keadaan sakit.

“SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring mengusung konsep pembelajaran dengan disiplin tinggi yang berkarakter Islami,” ucap Hima.

Artikel Menarik Lainnya :  Butuh Komitmen Bersama, Kasus Stunting di Kabupaten Magelang Terus Turun

Acara diakhiri dengan pelemparan baret ke udara sebagai simbol seremonial kelulusan taruna serta menyanyikan beberapa lagu salah satunya Terima Kasih Guruku. Alunan merdu lagu tersebut membuat para taruna dan guru tidak dapat menahan air mata haru karena akan segera berpisah.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Guru yang membimbing kami hingga kelulusan ini,” tutur Ketua Panitia Prasetia Alumni Taruna Angkatan Pertama, Fatchan Amin.(cha)