Siswa SMK Negeri 2 Magelang Ikuti Uji Kompetensi Keahlian untuk Para Siswanya

UKK. SMKN 2 Magelang melaksanakan UKK di sekolah setempat, Senin-Kamis (28-32/3/2022). (Foto dokumen smkn2 magelang)
UKK. SMKN 2 Magelang melaksanakan UKK di sekolah setempat, Senin-Kamis (28-32/3/2022). (Foto dokumen smkn2 magelang)

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – SMKN 2 Magelang melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di sekolah setempat, Senin-Kamis (28-32/3/2022). UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1). UKK diikuti oleh sejumlah asesor dan asesi dari semua jurusan. Asesor UKK didatangkan dari LSP eksternal daerah lain, di antaranya Kabupaten Magelang, Kebumen, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, dsb.

Bapak Arifin Andi Gunawan, SKom selaku Ketua LSP–P1 menjelaskan, proses UKK mengedepankan ketidakberpihakan terhadap siswa. Penguji dipastikan harus dari asesor eksternal atau LSP lain. Sebelum proses uji kompetensi dilaksanakan, terlebih dahulu akan diadakan assessment mandiri atau pengisian apl 01 dan pengisian apl 02 yang dipandu oleh assessor internal dari LSP SMKN 2 Magelang.

Dijelaskan secara terperinci bahwa materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi, memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu.  Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain, yang dinilai secara individual untuk membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi. Proses pembuatan soal UKK ini didasarkan pada kesepakatan atau rapat internal dari jurusan.

Sebelum soal dibuat, yang pertama dilakukan adalah membuat materi uji kompetensi (MUK) yang didasari oleh peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelaksanaan UKK SMKN 2 Magelang mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara, dengan kualifikasi jenjang 2 atau 3 pada Kerangka Kualifkasi Nasional Indonesia (KKNI). Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder, hasil UKK akan dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

“Untuk persiapannya sendiri, yang dilakukan yakni dari pihak jurusan mengadakan pemadatan materi khusus untuk persiapan UK. Dan yang kedua sebelum pelaksanaan UK akan dilaksanakan pra uji kompetensi, yang mana soal pada pra UK atau kisi-kisinya akan mengacu pada soal UK,” jelas Arifin.

KaTUK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Fieka Praditaliana SPd menambahkan, proses kegiatan dimulai dari persiapan dan pembekalan baik materi maupun praktik UK, Pra UK, dan UK.

Ia berharap agar para peserta atau asesi yang telah direkomendasikan kompeten oleh para asesor, dapat memelihara kompetensi yang telah diujikan. Dan semoga semua kompetensi yang didapatkan selama ini dapat menjadi bekal saat masuk dunia kerja dan dunia industri. Juga, kompetensi tersebut tidak hanya untuk menjadi tenaga kerja, tetapi juga dapat menjadi pencipta lapangan kerja (menjadi wirausaha).

Kepala Sekolah SMK N 2 Magelang Kurniawan Basuki SPd MT, mengucap syukur uji kompetensi berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Ini berkat kerja sama yang baik antara tim guru dari masing-masing jurusan, tim LSP SMKN 2 Magelang, seluruh panitia, dan berbagai pihak di sekolah.

“Ya, alhamdullilah senang dan puas dapat terlaksana secara offline, karena yang namanya kompetensi itu hanya bisa diuji atau dilaksanakan dengan benar secara offline. Uji kompetensi dapat berjalan dengan lancar dikarenakan adanya partisipasi aktif siswa yang menjadi asesi dan atas bantuan para asesor dari berbagai sekolah. Para siswa kelas 12 di SMK N 2 Magelang sangat bersemangat dan selalu siap, dalam melaksanakan UK. Ditambah adanya rasa bangga karena keberhasilannya dalam mendapatkan predikat kompeten di jurusan masing-masing kelas.’’ tambahnya.

Salah satu peserta UKK dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Seva Ega Riansyah, mengungkapkan bahwa uji kompetensi ini memberikan kesan dan pesan yang sangat membantu. Para peserta dapat meningkatkan skill dari jurusan masing-masing, dan menyiapkan mental dalam melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun terjun ke lapangan pekerjaan.

“Pesan dari kami semoga dapat tetap menjaga keutuhan relasi dan silaturahmi antar sekolah,” tambahnya. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!. (adv/april&ika/tim jurnalistik skanida)