Siswa SMK Citra Medika Dibekali Kompetensi Sebelum Terjun PKL

Sebelum diterjunkan Praktik Kerja Lapangan, para siswa SMK Citra Medika mengikuti pelatihan dan pembekalan dari sejumlah mentor dan nara sumber, kemarin. (foto : dok/magelang ekspres)
KOMPETENSI. Sebelum diterjunkan Praktik Kerja Lapangan, para siswa SMK Citra Medika mengikuti pelatihan dan pembekalan dari sejumlah mentor dan nara sumber, kemarin. (foto : dok/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Kota Magelang, SMK Citra Medika menyelenggarakan acara serangkaian workshop sebagai bekal menghadapi Praktik Kerja Lapangan (PKL). Pembukaan Workshop dengan Tema “Penguatan Mental dan Karakter sebagai bekal Praktik Kerja Lapangan” itu digelar di salah satu rumah makan Magelang Selatan dan diikuti 156 siswa kelas XI dari jurusan Keperawatan dan Farmasi, Senin (1/11).

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh SMK Citra Medika dengan menggandeng pihak rumah sakit, klinik, puskesmas, apotek maupun perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama.

Tujuan diadakan workshop juga sebagai bekal baik secara teori maupun praktik guna mengasah softskill dan hardskill siswa agar ketika diterjunkan, mereka semakin siap dan kompeten sesuai dengan bidangnya.

Kepala SMK Citra Medika Hendratno Widhiatmanto SE MM mengatakan jika saat ini persaingan di dunia kerja terutama bidang kesehatan semakin ketat. Oleh karena itu, siswa SMK harus dibekali baik softskill maupun hardskill.

Dalam pembukaan workshop itu, turut dihadirkan para narasumber perwakilan dari Universitas Duta Bangsa Surakarta, Politeknik Indonusa Surakarta, RSJ Magelang, dan Puskesmas Jurangombo Kota Magelang. Para narasumber memberikan materi sebagai bekal dan langkah sukses di masa PKL.

Selain sebagai narasumber mereka juga menjadi mentor pada saat kegiatan workshop. Selama 7 hari ke depan, para siswa akan mendapat pelatihan tersebut.

Wakil Kepala SMK Citra Medika Bidang Hubungan Industri, Sri Nuryanto SPd MPd menambahkan setelah siswa lulus mengikuti kegiatan workshop, selanjutnya mereka akan menjalani Ucap Sumpah Janji Kesehatan (USJK). Prosesi ini wajib bagi siswa sebelum diterjunkan ke lahan PKL.

“Ini yang menjadi pembeda sekolah kami. Harapannya setelah siswa mengikuti workshop ini, siswa akan memiliki gambaran tentang PKL dan semakin siap mengikuti PKL,” ujarnya. (wid/adv)

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar Workshop Penguatan Ekosistem GSM