Siswa SD Kedungsari 5 Makan Bersama ‘Kembul Bujono Skadema’, yang Tidak Suka Sayur Menjadi Gemar

BERHARGA. Inilah kegiatan Kembul Bujono Skadema (SD Kedungsari 5) Kota Magelang Sabtu (10/9). (Foto dokumen SD Kedungsari 5)
BERHARGA. Inilah kegiatan Kembul Bujono Skadema (SD Kedungsari 5) Kota Magelang Sabtu (10/9). (Foto dokumen SD Kedungsari 5)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Yang tidak suka makan sayur menjadi senang makan sayur. Yang makannya biasa sedikit menjadi makan banyak. Itulah hal positif yang dapat dipetik dari kegiatan Kembul Bujono Skadema (SD Kedungsari 5) Kota Magelang, Sabtu (10/9).

Kegiatan makan bersama sambil duduk lesehan dengan menu sayur kluban, tahu, tempe serta krupuk tersebut merangsang anak-anak (siswa kelas 1-6) untuk melahap menu makanan tersebut hingga habis. Bahkan mereka tak segan memuji masakan tersebut. Apalagi banyak anak yang belum pernah menikmati kegiatan makan bersama dengan suasana dan menu tradisional.

Lova, siswa kelas 4A mengatakan, “Bu, seneng lho makan kaya gini. Besok lagi ya hehee enak tau”. “Bu, aku ga suka sayur lho. Tapi di sini sayurnya enak, ” imbuh Hamka, siswa kelas 1B.

Tak hanya diikuti seluruh siswa, guru dari karyawan sekolah, kegiatan Kembul Bujono tersebut juga mengundang komite dan POM (paguyuban orang tuanya murid) kelas 1 – 6. Mereka mendukung dan menyambut positif kegiatan tersebut.

Orangtua Brian, siswa kelas 4B mengaku anaknya tak suka makan sayur, lebih suka makanan fast food.

“Dengan adanya kegiatan ini bisa mengajarkan siswa untuk gemar makan sayur. Terimakasih Skadema,” ungkapnya.

Ketua komite Djoko menyampaikan terimakasih pada sekolah yang sudah memfasilitasi acara ini. Juga kepada POM atas bantuan dan dukungannya dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Kebersamaan seperti ini harus ditingkatkan lagi dengan diadakannya agenda lain, misalnya kegiatan family gathering atau jalan santai warga sekolah, ” ujarnya.

Menurut Rosita, guru sekolah tersebut, kegiatan terlaksana dengan baik. Anak-anak sangat senang, mereka bisa makan bersama dengan teman-temannya.

“Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan ke depannya bisa lebih baik lagi”.

Kepala sekolah setempat Ahmadi S.Pd.,SD menjelaskan tujuan kegiatan tersebut di antaranya, mengenalkan makanan tradisional dan sayuran kepada siswa di tengah maraknya makanan cepat saji. Selain itu juga untuk mempererat hubungan antar warga SDN Kedungsari 5, sebagai bentuk/wujud syukur selesainya kegiatan PTS (Penilaian Tengah Semester).

Sekaligus merupakan program rutin SDN Kedungsari 5 dan bentuk apresiasi sekolah terhadap POM. (rls/me)