Sinergi Bea Cukai dan Polisi Gagalkan Penyelundupan 4 Kg Narkoba

Konferensi pers Operasi Bersinar Candi 2022, Selasa (8/3), di Markas Polda Jawa Tengah.
Konferensi pers Operasi Bersinar Candi 2022, Selasa (8/3), di Markas Polda Jawa Tengah.

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM– Bea Cukai bekerjasama dengan apart kepolisian berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba di tiga wilayah. Yakni Kota Bogor, Bandung, dan Semarang.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa sinergi Bea Cukai dengan aparat penegak hukum lainnya berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika di tiga wilayah.“Operasi gabungan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyulundupan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) di Kota Bogor, Bandung, dan Semarang,” kata Hatta.
Hatta menjelaskan bahwa Bea Cukai Bogor bersama Satnarkoba Polres Kota Bogor berhasil mengamankan paket berisi kurang lebih 10 gram tembakau iris yang diduga sediaan NPP jenis synthetic cannabinoid, Rabu (2/3).

Penindakan dilakukan berdasarkan informasi dari hasil crawling tim Bea Cukai Papua atas pengiriman barang melalui salah satu Perusahaan Jasa Titipan (PJT) tujuan Kota Bogor.
Diketahui penerima barang berinisial A yang beralamat di Keluarahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.
Sementara itu di Bandung, Bea Cukai Bandung bersinergi dengan Bea Cukai Jawa Barat, BNNP Jawa Barat, dan salah satu PJT di Bandung berhasil gagalkan penyelundupan NPP jenis methamphetamine, Rabu (9/2).

Penindakan dilakukan berdasarkan informasi Nota Informasi Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai dan Nota Hasil Intelijen Bea Cukai Jawa Barat.
Informasi tersebut menyampaikan adanya kiriman barang yang diduga berisi NPP dari Lubuk Pakam dengan tujuan Cimahi.

“Selanjutnya, tim melakukan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak K9 disaksikan langsung oleh petugas PJT. Karena anjing pelacak K9 menunjukkan respon positif, petugas melakukan pemeriksaan mendalam menggunakan alat narcotest dan kedapatan hasil diduga positif methamphetamine. Atas hasil tersebut, petugas mengamankan barang bukti berupa 31,38 gram bruto methamphetamine dan seorang tersangka bernisial AW,” terang Hatta.
Di Semarang, Bea Cukai Jateng-DIY hadiri konferensi pers Operasi Bersinar Candi 2022, Selasa (8/3), di Markas Polda Jawa Tengah.

Operasi Bersinar Candi 2022 merupakan operasi gabungan Bea Cukai Jateng-DIY bersama dengan Bea Cukai Tanjung Emas, dan Polda Jawa Tengah.
Tim gabungan berhasil gagalkan peredaran narkotika jaringan Malaysia-Indonesia dan berhasil mengamankan penyelundupan NPP jenis methamphetamine seberat 4.084 gram dengan modus false concealment.

“Bea Cukai berkomitmen akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai instansi dalam upaya pemberantasan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (NPP),” pungkas Hatta.(fin/me)