Sikap Zulkifli Hasan Tunda Pemilu 2024 Tak Bergeming, Meski Tuai Protes

Sikap Zulkifli Hasan Tunda Pemilu 2024 Bergeming, Meski Tuai Protes
KUNJUNGAN. Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan berkunjung ke Kota Magelang di Pendopo Pengabdian, Rumah Jabatan Walikota Magelang, Rabu (2/3). Foto : wiwid arif/magelang ekspres
KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang mendorong penundaan Pemilu 2024 tak berubah meski mendapat banyak protes kader partainya di daerah. Saat berkunjung ke Kota Magelang, Rabu (2/3), Wakil Ketua MPR RI itu tetap bersikukuh dengan pernyataan sebelumnya.
“Ada lima poin. Itu sudah ada pernyataan saya (di media massa), dikutip saja itu,” katanya menjawab pernyataan wartawan terkait usulan penundaan pemilu 2024.
Sayangnya, Zulhas enggan berkomentar banyak mengenai responsnya pasca-menuai protes kader-kadernya di daerah. Dia tetap berpegang pada pernyataan sebelumnya bahwa PAN mengusulkan penundaan Pemilu 2024.
Sebelumnya, Zulhas menilai jika PAN perlu melakukan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi, sehingga Pemilu 2024 ditunda. Hal itu karena melihat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan dinilai memerlukan perhatian khusus.
Kemudian, kondisi perekonomian yang belum stabil, sehingga pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat masih perlu melakukan pemulihan untuk kembali bangkit.
Alasan ketiga yaitu perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi. Misalnya perang Rusia dan Ukraina serta tidak menentunya harga minyak dunia.
Lalu, alasan keempat yaitu anggaran pemilu yang membengkak. Untuk efisiensi, PAN menilai lebih baik anggaran dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.
Kemudian yang kelima adalah keberlangsungan program-program pembangunan nasional yang sebelumnya tertunda akibat pandemi, sehingga harus terus dijalankan. Pernyataan tersebut, kata Zulhas, didasarkan aspirasi dan masukan dari berbagai kalangan.
Zulhas menuturkan, sengaja ia memilih Kota Magelang untuk berkunjung bersama dengan sejumlah kader dan simpatisan PAN. Dia disambut Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Wakil Walikota KH M Mansyur, beserta jajaran Forkompimda Kota Magelang.
“Ini saya datang kemari, di sini banyak sekali kemajuan. Baik ekonomi, destinasi wisata, kemajuan masyarakat, dan sebagainya. Saya berharap Kota Magelang semakin maju,” ucap Zulhas. (wid)