Siapkan Pelayanan Maksimal, Bupati Temanggung Memprediksi Jumlah Pemudik Capai 1 Juta

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq.(Foto: rizal ifan chanaris.)
Bupati Temanggung, HM Al Khadziq.(Foto: rizal ifan chanaris.)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM– Pemerintah Kabupaten Temanggung memprediksi bahwa arus mudik dan balik Lebaran pada tahun 2022 akan mengalami lonjakan signifikan.

Menurut Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, setidaknya angka pemudik diperkirakan mencapai 850 ribu sampai 1 juta orang. Pasalnya, sudah dua tahun terakhir tidak ada mudik lantaran pandemi Covid-19.

“Kami memperkirakan akan ada euforia tersendiri bagi masyarakat saat Lebaran tahun 2022 ini. Karena tradisi mudik diperbolehkan lagi oleh pemerintah. Diperkirakan yang akan masuk Temanggung sendiri sekitar 850 ribu sampai 1 juta orang, ,” ujarnya, Rabu (20/4).

Lanjutnya, diperkirakan angka arus kepadatan mudik maupun balik di seluruh Pulau Jawa terdapat sekitar 85 juta orang, dimana Jawa Tengah mencapai angka sekitar 20-an juta orang.

Menurut Bupati angka mudik tersebut tidak mutlak semua warga Kabupaten Temanggung. Namun tak sedikit pula yang berseliweran melintas lantaran wilayah Kabupaten Temanggung merupakan daerah perlintasan menuju beberapa wilayah kota maupun kabupaten.

Menghadapi hal tersebut pemerintah daerah bersama perangkat terkait akan saling bekerjasama untuk menata agar arus mudik bisa berjalan dengan lancar. Kemudian masyarakat bisa berlebaran dengan nyaman serta aman dari ancaman Covid-19.

“Kami akan memberikan pelayanan maksimal terhadap pemudik. Kemungkinan nanti juga kita akan lakukan penyekatan, buka tutup, dan lain sebagainya untuk rekayasa lalu lintasnya. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (riz)