Separuh Perjalanan, Alkap DPRD Kota Magelang Dirotasi

ROTASI. Memasuki 2,5 tahun masa kerja DPRD Kota Magelang periode 2019-2024, sejumlah alat kelengkapan dewan dirotasi.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
ROTASI. Memasuki 2,5 tahun masa kerja DPRD Kota Magelang periode 2019-2024, sejumlah alat kelengkapan dewan dirotasi.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Setelah 2,5 tahun, DPRD Kota Magelang periode 2019-2024 melakukan rotasi posisi beberapa legislator pada alat kelengkapan (alkap) dewan. Rotasi tersebut disepakati dewan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Magelang ke-13 Masa Sidang Kedua Tahun 2022, belum lama ini.

Penyegaran alkap meliputi jabatan dewan di komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), dan Badan Kehormatan (BK).

Di antara tiga komisi, Komisi A menjadi satu-satunya Alkap yang tidak terjadi perubahan struktural ataupun rotasi anggotanya.

Ketua Komisi A tetap dijabat oleh Iwan Soeradmoko, dari Fraksi PDIP, wakil Adi Chandra (FKB), sekretaris Atang Kustiono (FPDIP), dan anggota Tyas Anggraeni (FPDIP), Irina (FPD), Ahmad Widodo (FPKS), dan Ventje Jehezkiel (FPG).

Kemudian Ketua Komisi B dijabat oleh Kevin Mahesa (FPDIP), Wakil Ketua Nieke (FPDIP), dan Sekretaris Imam Indra (FPKB). Sedangkan anggota komisi antara lain Waluyo (FPD), Titiek S Utami (FPG), Hadiono Nurgroho (FPKS), dan Stin Syahyutri (FPDIP).

Jabatan Ketua Komisi C juga tetap yakni Kevin Septa Haryanto (FPDIP), Wakil Ketua Joko Mei (FPDIP), dan Sekretaris Salafudin (FPKB). Lalu anggotanya, Marjinugroho (FPD), FX Sugiyanto (FPDIP), Jatmiko (FPDIP), Muh Haryadi (FPG), dan Imam Musaechoni (FPKS).

Selanjutnya Banggar ditempati ex officio pimpinan dewan, Iwan Soeradmoko, Kevin, dan Evin. Lalu Jatmiko, Titiek S Utami, dan lainnya. Ada nama baru di Banggar, di mana HIR Jatmiko yang merupakan bagian dari FPDIP mulai saat ini sudah resmi menjadi anggota Banggar.

Kemudian, ketua Bapemperda kini dijabat Tyas Anggraeni (FPDIP). Sedangkan Ketua BK Ventje, wakil HIR Jatmiko, dan anggotanya Imam Indra.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, tidak ada alasan khusus seperti kinerja yang kurang atau permintaan dari kader terkait rotasi tersebut.

“Tidak ada (alasan khusus), semua jabatan digilir, pertimbangannya (yaitu) potensi dan pembelajaran agar lebih efektif dalam melayani warga Kota Magelang,” katanya.

Menurutnya, rotasi ini sudah sesuai dengan tatib yakni 2,5 tahun sejak dilantik pada 2019 lalu. Komposisi keanggotaan komisi, ditentukan oleh masing-masing fraksi dan dimusyawarahkan secara mufakat. (wid)