Sepakbola Api, Permainan Unik Para Santri di Kota Magelang

EKSTREM. Para santri dari berbagai pondok pesantren melakukan olahraga ekstrem berupa sepakbola api di kompleks Ponpes Dudan, Kota Magelang, sebagai rangkaian HSN tahun 2021, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)
EKSTREM. Para santri dari berbagai pondok pesantren melakukan olahraga ekstrem berupa sepakbola api di kompleks Ponpes Dudan, Kota Magelang, sebagai rangkaian HSN tahun 2021, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pertandingan Sepakbola Api menjadi atraksi perdana peringatan Hari Santri Nusantara yang digelar PCNU Kota Magelang. Olahraga ekstrem tersebut digelar di kompleks Pondok Pesantren Dudan, Tidar Utara, Magelang Selatan, Minggu (10/10) malam lalu.

Sepakbola api merupakan tradisi di pesantren. Olahraga ini menjadi perpaduan antara permainan sepakbola dan atraksi. Sebelum bertanding, para pemain terlebih dahulu dibekali tentang keamanan dan keselamatan selama pertandingan.

Ketua Panitia Hari Santri Nusantara 2021 PCNU Kota Magelang, Habib Fata al-Zahir, mengatakan kegiatan sepakbola api kali ini sengaja dikhususkan bagi internal PC NU Kota Magelang dan kalangan pondok pesantren saja.

”Tidak dibuka untuk umum. Sedangkan penontonnya juga terbatas karena masih dalam suasana pandemi Covid-19,” katanya.

Meski serba terbatas, tetapi dia yakin perayaan ini tidak mengurangi kemeriahan HSN yang berlangsung mulai 1-14 Oktober 2021. ”Tahun ini baru pertama kalinya digelar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris HSN PCNU Kota Magelang, Sholahuddin menambahkan bahwa aturan sepakbola api, secara teknis hampir mirip dengan sepakbola pada umumnya. Namun bola yang digunakan menggunakan kelapa tua yang diberi minyak dan dibakar sehingga menjadi bola api yang besar.

”Para pemain sepakbola api, sebelumnya wajib mengamalkan doa-doa ala NU dan diberi ramuan sehingga kakinya tidak tersengat panasnya bola api. Durasi permainannya juga cukup pendek hanya 2 menit kali dua,” terangnya.

Menurutnya, olahraga yang ekstrem namun unik ini sangat potensial bila ke depan dijadikan destinasi wisata baru di Kota Magelang. Karenanya, ke depan atraksi bola api akan terus digelar setiap peringatan HSN. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  622 Mahasiswa Unimma Ikuti Wisuda dengan Prokes Ketat