Seni Rupa “Potret” Karya Goenawan Mohamad Dipajangkan di OHD Hingga 28 Februari 2022

Lukisan Goenawan Mohamad dipajang di Museum OHD Jalan Jenggala Kota Magelang
PERAGAAN. Lukisan Goenawan Mohamad dipajang di Museum OHD Jalan Jenggala Kota Magelang, kemarin, dan akan berlangsung hingga Februari tahun depan. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Oei Hong Djien (OHD) Museum di Jalan Jenggolo Magelang menggelar ekshibisi solo seni rupa karya Goenawan Mohamad yang bertitel “Potret”. Peragaan ini dimulai Minggu (24/10) hingga 28 Februari 2022 mendatang.

Goenawan Mohamad mengatakan, ada 38 lukisan yang merupakan karyanya sejak tahun 2018 lalu. Selain itu, terdapat 107 gambar di kertas dalam bingkai berbagai ukuran.

“Ada juga 7 meja kaca bermasa lima tahun belakangan, dan sebuah objek instalasi yang merupakan karya saya,” kata Goenawan.

Pameran tersebut turut menyajikan 7 boneka seri Den Kisot buatan artisan asal Majalengka Jawa Barat. Kemudian, video pertunjukan Den Kisot hingga dokumen wawancara Goenawan Mohamad.

“Menurut saya “Potret” ini sangat bagus, karena memerlukan keterampilan sendiri dan saya merasa sangat tertantang,” ucapnya.

Sastrawan yang juga penulis rubrik “Catatan Pinggir” di majalah Tempo itu menyebut, pamerannya digelar pada waktu yang cocok karena bersamaan dengan acara Biennale Jogja XVI Equator #6 2021 dan perayaan hari jadinya yang ke-80.

“Saya berharap tidak banyak orang (datang ke pameran “Potret”). Saya kan bukan perupa terkenal, jadi yang datang pasti tidak banyak,” sambungnya.

Sementara itu, kurator ekshibisi “Potret”, Wahyudin dalam catatan kuratorialnya berjudul “Potret: Yang Tulus Yang Tahu Diri” menulis, dari 600-an karya Goenawan Mohamad selama lima tahun terakhir, nyaris seluruhnya berpokok perupaan potret manusia, binatang, wayang, dan makhluk antah-berantah.

Sejumlah sosok pun dilukis oleh Goenawan, seperti Avianti Armand, Ayu Utami, Djoko Pekik, Frida Kahlo, Slamet Gundono, Slamet Raharjo, WS Rendra, Tony Prabowo, hingga ondel-ondel.

“Menurut saya Goenawan Mohamad adalah seorang pelukis potret. Boleh dibilang, karya-karya terbaiknya adalah karya potret,” ujar Wahyudin. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Cegah Parkir Liar yang Meresahkan, Dishub Kota Magelang Lakukan Hal ini