Sempat Tertunda, Peningkatan Dua Ruas Jalan di Purworejo Akhirnya Digarap

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Dua proyek pembangunan jalan dengan sumber anggaran Bantuan Kuangan Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 yang sempat tertunda pengerjaannya, akhirnya mulai digarap tahun 2021 ini. Keduanya yakni peningkatan ruas jalan Desa Durensari-Batas DIJ dan peningkatan ruas Jalan Karang Duwur- Winong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo, Suranto, melalui Kabid Perencanaan Teknis dan Pengembangan, R Prono Sumbogo SST, menyebut jumlah anggaran untuk 2 proyek itu mencapai sekitar Rp6.596.600.000. Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 35 tahun 2020, lelang tender pengerjaan 2 proyek itu telah dilakukan pada tahun 2020.

“Namun, karena waktu tidak cukup, maka pelaksanaan pengerjaan proyek dilakukan tahun 2021 ini,” sebutnya, Selasa (23/3).

Dijelaskan, peningkatan jalan Desa Durensari-Batas DIY, merupakan proyek lanjutan dari peningkatan tahun 2019. Proyek peningkatan jalan sepanjang 1.315 meter itu mendapat alokasi dana dari provinsi sebesar Rp2.863.361.000.

“Pekerjaan peningkatan jalan dengan aspal, lalu ada pembangunan bahu jalan pakai beton, dan pekerjaan saluran talut karena dilokasi jalan itu merupakan perbukitan. Pengerjaan sudah dimulai, kontrak sudah dilakukan akhir Januari 2021 lalu dengan masa pelaksaan pekerjaan selama 90 hari oleh PT Ahza Putra Mailanik,” jelasnya

Kemudian untuk proyek peningkatan jalan Karangduwur-Winong sepanjang 1,2 Kilometer dilakukan pelebaran jalan dari semula 4 meter menjadi 6 meter. Proyek dilaksanakan oleh PT Tawakal Tsani Makmur dengan alokasi dana sebesar Rp3.733.239.000.

“Harapanya sebelum lebaran tahun ini, kedua proyek itu sudah selesai dikerjakan. Jalan itu akan sangat membantu masyarakat sebagai akses ekonomi dan menjadi jalan wisata ke Gunung Ijo dan jalan alternatif bagi pemudik untuk jalan Pituruh-Kemiri-Karangduwur-Winong-Purworejo,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Progres Laporan Penyalahgunaan DD Kemiri Kidul Dipertanyakan