Selamat, Perpusda Wonosobo Jadi Terbaik Se-Jateng

TERBAIK. Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dinyatakan berhak menyandang predikat sebagai perpustakaan daerah terbaik di jateng
TERBAIK. Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dinyatakan berhak menyandang predikat sebagai perpustakaan daerah terbaik di jateng

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Hasil lomba Perpustakaan Umum Daerah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021, resmi diumumkan pada Senin (14/6). Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo dinyatakan berhak menyandang predikat sebagai perpustakaan daerah terbaik, dengan nilai akumulasi mencapai 914 poin.

Selain Perpusda Kabupaten Wonosobo, 2 Perpustakaan lain yang turut dalam penilaian, yaitu Perpustakaan Bergema Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar dan Perpustakaan Sekolah SMK Negeri 1 Wonosobo juga berhasil meraih predikat sebagai runner Up dan juara harapan pertama dalam lomba yang sama, pada kategori berbeda.

“Prestasi tersebut, tidak dapat dilepaskan dari 2 inovasi untuk peningkatan layanan kepada para pengunjung Arpusda,” ungkap Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Wonosobo, Musofa.

Menurutnya, dua inovasi itu berupa grabbook dan Wonosobo Seneng Moco Lan Nulis, serta menghadiri langsung ke Kantor Dinas Arpusda untuk memberikan dukungan dan bimbingan pada saat dilakukan penilaian oleh tim dari provinsi.

“Dukungan dan motivasi dari berbagai pihak juga telah menjadikan motivasi tersendiri bagi jajaran pegawai dan karyawan di Arpusda Wonosobo, sehingga mampu bekerja dan menorehkan prestasi terbaik,” katanya.

Perjalanan menuju peringkat pertama se-Jawa Tengah, diakui Musofa tidak dilalui dengan mudah. Sejak awal bulan Mei, upaya pengiriman berkas ke provinsi disebut Musofa telah dimulai dengan 3 kategori sekaligus, yaitu Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Sekolah tingkat SLTA dan Perpustakaan Desa.

Setelah dilakukan penilaian pendahuluan, ketiga perpustakaan tersebut disebut Musofa mendapat nominasi enam besar, di mana hal itu juga istimewa karena menurutnya di Jawa Tengah hanya Wonosobo yang mengirimkan peserta ke tahap 6 besar, sekaligus pada 3 kategori.

Indikator penilaian pun, menurut Musofa sangat variatif, meliputi kelayakan gedung dan ruangan sampai pada perabot dan perlengkapannya, koleksi buku-buku, SDM, layanan, anggaran, promosi, serta bidang kerjasama dan dukungan pihak Pemerintah pun masuk dalam skoring.

Artikel Menarik Lainnya :  Wonosobo Juara Festival Film Pramuka

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengucapkan selamat atas sukses Dinas Arpusda, Perpustakaan Bergema dan Perpustakaan SMK 1 Wonosobo, serta mengajak semua unsur Pemkab Wonosobo agar bersama-sama memberikan dukungan yang nyata kepada perpustakaan umum daerah, dInas kearsipan dan perpustakaan daerah untuk menguatkan perjuangan dan melakukan hal yang terbaik.

“Dinas Arpusda mempersiapkan secara maksimal dengan meningkatkan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak apabila selanjutnya digelar lomba serupa di tingkat Nasional,” katanya.

Ia juga menandaskan bahwa hasil lomba di tingkat provinsi merupakan salah bukti hasil kerja keras dan inovasi, yang harus terus ditingkatkan lagi dan tidak berhenti hanya sampai di sini.

“Jadikan ini sebagai pemantik untuk memberikan layanan dan inovasi lebih banyak dan lebih manfaat bagi masyarakat karena tujuan akhir adalah kepuasan masyarakat,” tutupnya. (gus)