Selalu Percaya Diri, Choirul Anam Unggul Dalam Pidato Bahasa Inggris Pospeda

MENUNJUKAN. Choirul anam menunjukan Piagam dari Pospeda Pidato Bahasa Inggris.
MENUNJUKAN. Choirul anam menunjukan Piagam dari Pospeda Pidato Bahasa Inggris.

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Choirul Anam, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang ini menjadi juara dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Magelang beberapa waktu lalu. Dirinya unggul dari puluhan peserta perwakilan dari pondok pesantren di Kota Magelang dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda).

Anam sapaan akrabnya ini memang memiliki jiwa yang sangat percaya diri. Ketika di panggung, Anam selalu tampil maksimal. Bahkan, ia jarang sekali grogi karena menurutnya, yang penting mencoba.

“Saya percaya diri saja. Soal menang dan kalah itu nomer terakhir”, katanya saag disambagi oleh wartawan.

Selain percaya diri, Anam juga menyampaikan bahwa persiapan tentu harus diutamakan. Jangan sampai percaya kiri, namun tampilnya asal-asalan.

“Hampir 2 minggu kami latihan bersama guru pendamping. Setiap habis duhur menjelang lomba kami selalu tampil didepan teman-teman seusai shalat,’ tuturnya.

Nurul Fadhilah selaku pelatih menyampaikan bahwa Anam memang menang di percaya diri. Meskipun, kalau latihan ditunggui dirinya kurang suka.

“Saya hanya mengawal. Selebihnya dia lebih aktif untuk latihan dan beberapa saya koreksi. Alhamdulillah, mendapatkan juara I dan kami sangat bersyukur,” katanya.

Sebagai kepala sekolah, Wasiun menyampaikan terimakasih kepada pelatih dan juga apresiasi setinggi-tingginya. Menurutnya, prestasi ini tentu akan menjadi sebuah bukti bahwa setiap anak itu hebat. Dirinya punya jalan masing-masing dalam menentukan bakatnya.

“Cukup kita sebagai pendidik mendampingi apa bakat para siswa. Asah, adu dan evaluasi itu jadi penting. Tugas kita mengantarkan, jangan mendekte,” tegasnya. (hen/adv)