Sekretaris Dirjen Kemenhub Ajak Auto Mot Kampanyekan Keselamatan di Jalan, Bagikan Helm di Kota Magelang

KONVOI. Komunitas Auto Mot Kemenhub menggelar konvoi, dan melintasi Kota Magelang sembari mengampanyekan keselamatan berlalu lintas, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Martha Hardisarwono mengajak komunitas Auto Mot Kemenhub menggelar kampanye keselamatan di jalan. Kemarin, mereka menggelar konvoi di sepanjang rute wisata yaitu Baturaden (Banyumas), Dieng (Wonosobo), hingga Borobudur (Magelang). Tidak hanya itu, di sepanjang perjalanan mereka juga membagikan helm kepada warga.

“Sengaja kita membagikan helm juga sebagai edukasi, betapa pentingnya keselamatan berkendara itu,” kata Martha saat tiba di Terminal Tidar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Magelang, Sabtu (20/3).

Selain membagikan helm, rombongan konvoi juga mencatat jalanan rusak dan berlubang. Data tersebut segera dilaporkan agar lekas bisa diperbaiki.

“Kita informasikan ke pemda melalui Dishub, itu salah satu unsur persiapan hadapi Lebaran,” ujarnya.

Baca Juga
Marimakan Foodfest 2021 Hadirkan Aneka Makanan Lokal dan Mancanegara di Artos Mall

Aksi positif lainnya yakni menanam 100 pohon peneduh di jalur Wonosobo yang rawan longsor. Kemudian menyalurkan bantuan ke masjid dan tempat ibadah.

Di Terminal Tidar, Martha menyoroti lesunya aktivitas ekonomi di situ. Sebab, meski harga sewa kios terjangkau, namun jumlah penumpang juga mengalami penurunan.

“Ini tugas semua pihak memakmurkan terminal. Kita juga harapkan saat penumpang sampai di terminal bisa ngopi-ngopi dulu,” imbuhnya.

Ketua Komunitas Auto Mot Kemenhub Rangga Prasetyo Dewanto menambahkan, kegiatan ini juga sebagai kampanye etika konvoi di tengah pandemi. Ia mengangkat tema “Share the road, ride with health protocols”. Sebelum kegiatan ini, seluruh peserta sudah divaksin sampai dosis kedua.

“Semua peserta memakai masker, dan tetap menjaga jarak. Saya harap kepada masyarakat umum, minimal menjalani tes rapid antibodi maupun antigen sebelum mengikuti touring,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Magelang Chandra Wijatmiko Adi menyambut baik kampanye keselamatan berkendara itu. Terlebih dalam aksi ini juga mendukung program
promosi Kota Magelang.

Artikel Menarik Lainnya :  Komitmen IndiHome Dukung Animator Lokal Melalui IndiKids

“Saya harap adanya kampanye ini selain meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlau lintas, Terminal Tidar juga bisa ramai kembali seperti dulu,” tuturnya. (wid)