Sekolah Penggerak, SMAN 2 Temanggung Gelar Pameran Basil Karya Inovasi Siswa

Sekolah Penggerak, SMAN 2 Temanggung Gelar Pameran Basil Karya Inovasi Siswa
Siswa-siswi SMA Negeri 2 Temanggung saat memamerkan karya inovasi sebagai sekolah penggerak. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Usai dicanangkan sebagai sekolah penggerak, SMA Negeri 2 Temanggung menggelar pameran kewirausahaan hasil karya inovasi para siswanya. Hal itu juga merupakan implementasi mereka dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Kepala SMA Negeri 2 Temanggung, Bambang Heryanto, menyebut, kegiatan tersebut merupakan salah satu progam proyek sekolah penggerak dengan mengambil tema berwirausaha di usia muda.

“Hasil karya yang dipamerkan dan dibazarkan merupakan murni hasil karya Siswa SMA 2 Temanggung, mulai dari perencanaan, pembuatan dan pengemasan hingga pemasaran dilakukan oleh para siswa. Kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya, Kamis (21/4).

Dalam Profil Pelajar Pancasila, Bambang menjelaskan, terdapat 6 demensi yang harus dicapai setiap siswa yaitu keimanan/ketakwaan, kreatif, kritis, bergotong royong, mandiri dan berpikiran global.

“Pameran karya inovasi siswa ini menampilkan hasil karya dari siswa setiap kelas kelas X berupa kerajinan tangan dari bahan bekas dan juga makanan dan minuman,” bebernya.

Salah seorang siswaI, Zahra Adelia Putri mengaku sangat senang dengan adanya progam belajar kewirausahan pasalnya mengajarkan siswa untuk lebih kreatif dan inovatif.

Pada kesempatan tersebut, dirinya membuat hiasan dari kain goni, jam dinding, hiasan dinding dengan referensi dari berbagai sumber.

“Prosesnya kira kira 5 sampai 6 jam, idenya dengan cara berselancar melalui youtube serta bimbingan dari para guru,” tukasnya. (riz)