Sekda Wonosobo Minta Camat Aktifkan Posko Covid-19, Segera Laksanakan PPKM Mikro

PIMPIN. Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo saat memimpin rapat kepada Forkopinca melalui zoom meeting.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Pemkab Wonosobo memerintahkan kepada camat agar mengaktifkan kembali Posko Covid -19 yang berada di desa – desa. Hal ini berkaitan dengan virus covid yang sudah satu tahun lebih, tetapi belum tahu kapan berakhirnya.

“Camat se-Wonosobo segera laksanakan PPKM Mikro, agar akses informasi penetapan zonasi RT di wilayah masing-masing sejak dikeluarkannya instruksi. Selanjutnya untuk meneruskan informasi tersebut kepada kepala desa atau kelurahan di wilayahnya,” ungkap Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo saat memimpin rapat kepada Forkopimca melalui zoom meeting, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, pesan berantai harus jalan, kepala desa/ kelurahan segera mensosialisasikan informasi penetapan zonasi RT kepada seluruh masyarakat melalui Ketua RT/ RW. Skenario pengendalian sebagaimana dimaksud pada diktum PPKM Mikro di tingkat desa/kelurahan menjadi tanggung jawab kepala desa/kelurahan dan dilakukan dengan mengaktifkan peran kepala dusun dan Ketua RT/ RW serta berkoordinasi dengan seluruh unsur yang terlibat.

“Unsur yang terlibat mulai Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban,” katanya.

Posko tingkat desa atau kelurahan adalah lokasi atau tempat yang menjadi posko penanganan covid-19 di tingkat desa kelurahan yang memiliki empat fungsi. Yaitu, pencegahan, penanganan, pembinaan dan pemberiam dukungan.

“Pelaksanaan PPKM Mikro mulai berlaku sejak tanggal 9 Februari 2021 sampai dengan tanggal 22 Februari 2021 dan dapat diperpanjang kembali dengan mempertimbangkan laju kematian, kesembuhan dan kasus aktif di Kabupaten Wonosobo,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menambahkan, pemberlakuan PPKM secara menyeluruh berlaku seluruh Jawa Tengah.

Dalam pembuatan posko seluruh komponen yang agar dilibatkan serta diberikan tugas dengan jelas siapa harus berbuat apa sehingga posko tersebut bisa berfungsi efektif.

Artikel Menarik Lainnya :  Sempat Ditolak Warga, Pembongkaran Median Jalan di Pertigaan Pasar Berlanjut

“Posko jangan hanya memantau saja akan tetapi aktif terjun ke lapangan mengecek kondisi yang sebenarnya, ” pinta Dandim

Lakukan edukasi dan sosialisasi secara terus menerus ke masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk menyukseskan itu semua saya perintahkan kepada Babinsa jajaran Kodim 0707/Wonosobo agar membantu dalam pembuatan posko sampai dengan pelaksanaanya nanti,” pungkasnya (gus)