SBMPTN Untidar Loloskan 1.537 dari 8.376 Pendaftar

SELEKSI. Para peserta saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, April 2021 lalu. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
SELEKSI. Para peserta saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, April 2021 lalu. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Universitas Tidar (Untidar) Magelang menerima 1.537 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Sebelumnya, jumlah pendaftar ke perguruan tinggi negeri di Magelang ini sebanyak 8.376 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Noor Farid mengatakan, untuk SBMPTN 2021 pihaknya menerima 1.537 mahasiswa. Jumlah ini meningkat dari SBMPTN tahun 2020, yaitu diterima 1.356 peserta dari 6.271 pendaftar.

”Selamat kepada para peserta yang telah lolos seleksi dan kami imbau segera melaksanakan registrasi mahasiswa baru Untidar. Registrasi dilaksanakan secara online dan berkas juga dikirimkan ke Fakultas masing-masing,” kata Noor, Kamis (17/6).

Ia menjelaskan, dari peserta yang lolos tersebut, meliputi 758 pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan 779 peserta reguler.

”Peserta pemegang KIP-K nantinya masih melalui beberapa tahap lainnya sampai ditetapkan sebagai mahasiswa KIP-K di Untidar. Kuota KIP-K Untidar sudah ditetapkan oleh kementerian dan jumlah kuota juga terbatas,” jelasnya.

Mereka yang diterima dari SBMPTN ini, katanya, nilai tertinggi 725 UTBK. Kemudian untuk nilai terendah 500-an.

”Kalau (nilai) yang tertinggi 725. Jadi memang calon mahasiswa kita cukup pintar-pintar karena nilainya cukup tinggi,” tuturnya.

Menurutnya, program studi kelompok Soshum dengan peminat terbanyak adalah Ekonomi Pembangunan 875 dan Ilmu Komunikasi 808 pendaftar. Sedangkan, kelompok Saintek peminat terbanyak Teknik Sipil 668, dan Agroteknologi 490 orang. Kemudian peminat paling sedikit Pendidikan IPA, FKIP.

”Pendaftar prodi Ekonomi Pembangunan 875 yang diterima 100 orang. Yang paling sedikit itu FKIP, Pendidikan IPA, pendaftarnya 239, yang diterima 81 orang,” ujar dia.

Adapun delapan program studi strata 1 (S1) yang paling banyak menerima mahasiswa adalah Pendidikan Bahasa Inggris (105 mahasiswa), disusul Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (103), Ilmu Hukum (103), Akuntansi (102), Ilmu Komunikasi (102), Manajemen (102), Ilmu Administrasi Negara (101) dan Ekonomi Pembangunan (100).

Artikel Menarik Lainnya :  Harapan Walikota Magelang, Gelora Sanden Bisa Berikan Kontribusi Positif bagi Olahraga dan PAD

Program studi lainnya, Agroteknologi (77), Akuakultur (75), Pendidikan Biologi (82), Pendidikan IPA (81), Pendidikan Matematika (80), Peternakan (82), Teknik Elektro (80), Teknik Mesin (82) dan Teknik Sipil (80). Pengumuman SNMPTN dapat diakses pada https://pengumumansbmptn.ltmpt.ac.id dan 29 laman mirror lain dengan cara memasukkan Nomor Peserta UTBKSBMPTN 2021 dan Tanggal Lahir peserta.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut Untidar juga mengunggah pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi beserta tata cara registrasi mahasiswa baru jalur SBMPTN pada laman https://untidar.ac.id dan https://um.untidar.ac.id.

Mereka yang diterima lewat SBMPTN 2021, katanya, harus melakukan registrasi ulang secara online. Kemudian untuk data-data pendukung dikirim melalui pos menuju fakultas masing-masing.

”Semau berkas di-upload, kemudian fisiknya dikirim ke fakultas masing-masing lewat pos. Tidak perlu datang. Termasuk mereka nanti memilih jas almamater ya online. Kita kasih ukuran. Berkas dikirim biar bisa dikonfirmasi keasliannya. Semua syarat di web kita sudah ada,” katanya. (wid)