Satu Tahun Dinas di Kodim 0708 Purworejo, Belasan Prajurit Baotsus Asal Papua Dikembalikan ke Daerah Asal

Dandim 0708 saat melakukan salam komando dengan prajurit asal Papua yang hendak kembali ke daerah asalnya
SALAM KOMANDO. Dandim 0708 saat melakukan salam komando dengan prajurit asal Papua yang hendak kembali ke daerah asalnya. (foto: lukman hakim/purworejo ekspres)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim S Sos MSi melepas 19 Prajurit Bintara Otonomi Khusus (Baotsus) Papua dalam acara corp raport pindah satuan di halaman Makodim, kemarin.

Setelah berdinas selama kurang lebih satu tahun di satuan teritorial Kodim 0708 Purworejo, Baotsus ini akan kembali ke daerah asal Papua untuk menjalankan tugasnya di Kodim jajaran Kodam XVII Cendrawasih dan Kodam XVIII Kasuari.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim menyampaikan setelah disandingkan dengan Babinsa di wilayah 16 Koramil yang sebelumnya dibekali secara teori oleh para perwira, bagaimana cara komunikasi sosial, mendata, mengenal tokoh dan setelah itu melaksanakan tugasnya di desa binaan dengan pendampingan para Babinsa.

“Nantinya para Baotsus diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai positif yang telah didapatkan saat berdinas di Kodim Purworejo. Baik dalam sikap, bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat Papua harus selalu menjunjung tinggi nilai sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim berpesan kepada Baotsus dengan kembalinya ke daerah asalnya Papua bisa memberikan warna positif bagi masyarakat di wilayah mereka bertugas untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh keharmonisan dan kedamaian.

“Semoga dengan bekal yang kita berikan selama satu tahun ini, akan cukup memberikan dampak positif bagi para Baotsus dan masyarakat Papua,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu Baotsus Wilhemus Waripang mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Kodim 0708 Purworejo atas didikan kepada dirinya tentang fungsi dan kerja Babinsa yang nantinya bisa diterapkan di satuan wilayah tempat tugas barunya.

“Terima kasih kepada masyarakat di Kabupaten Purworejo yang telah menerima kami dengan penuh ramah tamah, baik, tidak membedakan warna kulit, suku dan agama,” pungkasnya. (luk)