Satu RT di Kelurahan Baledono Isolasi Mandiri, Bupati Purworejo Tinjau Lokasi dan Bantu Logistik

TINJAU. Bupati Purworejo bersama Wabup meninjau RT 01 RW 07 Kelurahan Baledono yang melakukan isolasi mandiri, 
TINJAU. Bupati Purworejo bersama Wabup meninjau RT 01 RW 07 Kelurahan Baledono yang melakukan isolasi mandiri, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Puluhan warga di wilayah RT 01 RW 07 Kelurahan Baledono Kecamatan/Kabupaten Purworejo melakukan isolasi madiri di rumah masing-masing karena hasil rapid test atau tes cepat yang dilakukan menunjukkan ada 15 warga positif. Sejumlah akses jalan diblokade dan warga dibatasi saat keluar masuk perkampungan.
Kondisi tersebut mendapat perhatian dari Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH. Keduanya mengunjungi lokasi untuk memastikan kondisi warga serta ketersediaanya logistik, Kamis (30/4).
Dengan memakai APD lengkap, Bupati, Wakil Bupati dan Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi SSos, memasuki lorong di RT tersebut. Bupati juga sempat menyapa beberapa warga yang melongok dari pintu rumahnya.
“Kesediaan warga yang dengan sukarela mau mengisolasi diri ini patut menjadi contoh. Dengan kesadaran ini, upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 bisa terlaksana dengan baik,” kata Bupati.
Menurutnya, isolasi mandiri di RT ini cukup dilaksanakan di rumah masing-masing, karena baru merupakan hasil rapid tes. Kalau nanti hasil swab ada yang positif, maka barulah akan dievakuasi.

Baca Juga
Rapid Test Satu Anggota DPRD Purworejo Positif, 10 Orang Dinyatakan Mendekati Positif

“Bagi warga yang hasil rapid test-nya positif akan diswab dan kalau hasilnya juga positif akan langsung kita evakuasi. Tapi untuk yang negatif tetap harus isolasi mandiri,” ungkapnya.
Bupati berharap masyarakat di Kabupaten Purworejo selalu waspada, tetapi tidak panik. Masyarakat juga diharapkan tetap patuh pada anjuran pemerintah, seperti berada di rumah, rajin cuci tangan, jaga kebersihan dan kesehatan serta jaga jarak.
“Jangan lupa pakai masker, tidak hanya saat keluar rumah, kalau perlu di dalam rumah pun pakai masker,” himbaunya.
Dalam kesempatan itu Bupati bersama Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan sembako untuk 42 KK yang ada di RT tersebut, serta bantuan untuk 10 posko di Kelurahan Baledono.
“Insya-Allah, logistif akan terus kita support agar mereka bisa survive,” tegasnya.
Ketua RT 01  RW 07 Kelurahan Baledono, Hamdan, menyebut ada sekitar 42 kepala keluarga (KK) di wilayahnya. Berdasarkan hasil rapid test terdapat 15 warga positif dan warga sepakat melakukan karantina mandiri sejak Rabu (29/4).
“Lima belas warga yang positif rapid test saat ini kondisinya sehat. Paling yang kurang sehat hanya yang memang sudah tua, dan pas kondisi fisiknya menurun,“ sebutnya.
Dari Baledono, rombongan meninjau posko di Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen. Rombongan diterima Camat Bagelen Bambang Setyo Budoto SSos, beserta sejumlah petugas medis, aparat TNI/Polri dan Satpol PP. Di lokasi itu, Bupati memberi bantuan logistik dan berpesan agar para petugas senantiasa menjaga kesehatan.
“Kalau butuh apa-apa sampaikan saja pada Pak Camat,” kata Bupati. (top)