Satlantas Polres Magelang Kota Baksos Jumat Berkah

GRATIS. Tumpukan sayuran yang dipajang rapi itu bisa dibawa pulang pemohon SIM di Markas Polres Magelang Kota setiap hari Jumat selama masa PPKM Level 4. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
GRATIS. Tumpukan sayuran yang dipajang rapi itu bisa dibawa pulang pemohon SIM di Markas Polres Magelang Kota setiap hari Jumat selama masa PPKM Level 4. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

Perhatian Gizi Pemohon SIM, Bagi-bagi Sayuran Gratis

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Tempat layanan pengajuan SIM di Mapolres Magelang Kota 2, disulap menjadi pasar sayur. Hanya saja, pasar itu tidak melayani transaksi jual beli. Masyarakat bebas mendapatkannya dengan syarat, ambil secukupnya, masak secukupnya, agar tak menjadi sampah makanan. Sayuran berbagai jenis itu sengaja ditaruh di dekat para pemohon SIM, secara gratis. Sebagai wujud kepedulian Polres Magelang Kota kepada masyarakat di tengah penerapan PPKM Level 4 yang kembali digulirkan sekarang ini.

WIWID ARIF, Magelang

SEORANG perwira kepolisian terlihat sibuk menata sayuran yang ada di meja di depannya. Ia didampingi dua anggota kepolisian berseragam Satlantas. Tampak pula, sayuran ditumpuk dan dikemas dengan rapi sekali dipajang di atas meja itu.

Para anggota kepolisian itu tidak sedang jualan sayuran. Melainkan melakukan bakti sosial, pembagian sayuran gratis khusus kepada pemohon SIM lewat program “Jumat Peduli”.

Sudah dua kali ini, aksi Jumat peduli, berupa bagi sayuran gratis digelar Satlantas Polres Magelang Kota. Bakti sosial ini dilakukan sebagai partisipasi aktif kepolisian meringankan beban warga di tengah penerapan PPKM Level 4 yang kembali diperpanjang di Kota Magelang.

Perempuan berkerudung itu kemudian dengan lincah memilih sayuran yang dipajang. “Monggo, monggo (silakan), gratis bisa dibawa pulang,” ucap salah satu anggota kepolisian.

“Enggih (Iya) Pak,” sahut seorang perempuan bernama Sita Risminawati itu.

Sita adalah satu dari sekian banyak pemohon SIM yang kebetulan di hari Jumat (13/8) mendapatkan sayuran gratis.

“Ini saya ambil sawi, ada tempe, ada telor, sama minyak goreng. Mau saya masak. Senang sekali Alhamdulillah,” kata Sita.

Ia tidak menyangka, bakal mendapatkan sayuran gratis. Ia bahkan, baru tahu hari itu, jika setiap Jumat, Polres Magelang Kota punya program “Jumat Peduli”.

Artikel Menarik Lainnya :  Istri Walikota Magelang Beri Motivasi PKK Bantu Tangani Pandemi

“Tidak tahu sih awalnya. Tidak ada niat dari rumah. Saya cuma mau perpanjangan SIM, tapi malah dapat sayuran. Terima kasih dan senang sekali tentunya,” ujarnya.

Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin mengatakan jika aksi Jumat Peduli menjadi inisiasi Satlantas Polres Magelang Kota.

“Semata kita laksanakan karena memang kepedulian kita kepada warga. Kami ingin berbuat sesuatu yang sekiranya bisa memberikan manfaat. Salah satunya pembagian sayur mayur ini,” katanya.

Pihaknya memilih sayur karena menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, asupan gizi yang didapat dari sayur sangat dibutuhkan agar tubuh memiliki imunitas tinggi.

“Supaya imun meningkat melalui sayur dan lauk pauk yang mengandung protein. Zat-zat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia,” jelasnya.

Asep menjelaskan, aksi ini akan terus dilanjutkan. Setiap Jumat, ratusan paket sayuran akan disiapkan di atas meja tempat tes pemohon SIM.

“Hari Jumat menjadi hari yang baik dan semoga saja apa yang kami lakukan ini bisa memberikan keberkahan bagi sesama,” ungkapnya. (*)