Sasar Titik Rawan Kejahatan

TIM REAKSI. Polres Wonosobo melalui Sabhara menyiapkan Tim Reaksi cepat NOTO dalam  memberikan rasa aman kepada masyarakat.
TIM REAKSI. Polres Wonosobo melalui Sabhara menyiapkan Tim Reaksi cepat NOTO dalam  memberikan rasa aman kepada masyarakat.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Dalam upaya memberikan respon cepat terhadap, Polres Wonosobo melalui Sabhara menyiapkan Tim Reaksi Cepat NOTO. Tim tersebut akan memberikan rasa aman kepada masyarakat, utamanya di bidang kamtibmas.

“Tim Reaksi Cepat NOTO Polres Wonosobo berikan rasa aman kepada masyarakat, tidak hanya melakukan patroli saja, akan tetapi juga melaksanakan patroli dialogis kepada masyarakat guna menjaga Kabupaten Wonosobo tetap aman,” ungkap Kasat Sabhara Polres Wonosobo AKP Agus Priyono yang memimpin patroli rutin.

Menurutnya, patroli Tim NOTO Sabhara ini dilakukan rutin tiap hari, baik  siang dan malam. Memastikan seluruh sudut kota dan juga titik rawan di kabupaten dingin ini senantiasa aman dari tindakan kejahatan, baik kejahatan ringan maupun berat.

“Bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat, selain itu petugas patroli memberikan himbauan pada warga masyarakat untuk ikut aktif menjaga Kamtibmas dan apabila ada informasi yang di curigai agar segera lapor ke Polisi,” katanya.

Upaya ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan Polisi. Sedangkan arti NOTO sendiri, Kasat Sabhara menyebutkan bahwa seperti namanya yaitu “ noto”  atau menata, Noto Ati artinya  aman terkendali, Noto Raga artinya  ramah terjaga, Noto Seduluran artinya sejahtera dadi luwih mapan dan terkahir Noto Keadilan, artinya ketertiban jadi transparan.

Sementara itu,  Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiarto menyampaikan, sesuai dengan tujuan, Tim NOTO harus mampu memberikan bantuan secepatnya kepada masyarakat. Utamanya bagi korban kejahatan. Dengan semakin cepat polisi mendatangi TKP serta melakukan olah tempat kejadian perkara maka prosentase pengungkapan kasus tersebut akan semakin tinggi.

“Apalagi untuk kejahatan jalanan, diharapkan dapat langsung melakukan tangkap tangan terhadap pelakunya,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Antisipasi Varian Covid-19 Omricon, Aturan Turis Masuk Tanah Air Diperketat

Anggota Tim dilengkapi dengan kecakapan khusus dan peralatan lengkap, termasuk di era pandemi covid 19, tim tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tim juga akan melakukan patroli dialogis kepada warga, mengajak untuk berpartisipasi menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

“Tim ini akan melaksanakan patroli di seluruh wilayah Wonosobo, termasuk patroli dialogis. Sehingga diharapkan, tujuan akhirnya adalah mampu  memberikan pelayanan dengan cepat dan juga mampu mendeteksi dini potensi  kejahatan,” pungkasnya. (gus)