Sangat Menggembirakan! Sebentar Lagi Pencairan Santunan Kematian di Temanggung Bisa Lewat HP

Salah satu ahli waris sedang menerima bantuan sanka di Dinas Sosial Temanggung, kemarin. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
SANKA. Salah satu ahli waris sedang menerima bantuan sanka di Dinas Sosial Temanggung, kemarin. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Dinas Sosial Kabupaten Temanggung tengah mempersiapkan aplikasi elektronik santunan kematian (E-Sanka) untuk mempermudah ahli waris dalam pencairan santunan kematian.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan, aplikasi e-Sanka ini dirancang untuk mempermudah penyaluran sanka kepada ahli waris, sehingga kedepan ahli waris tidak perlu bolak balik memenuhi persyaratan untuk pencairannya.

“Kita manfaatkan teknologi android, dengan E-Sanka ini kedepan ahli waris bisa lebih mudah dan cepat mencairkan bantuan ini,” katanya, Selasa (2/11).

Ia mengatakan, rencananya, E-Sanka ini akan mulai dikenalkan kepada masyarakat pada 10 November 2021 mendatang. Dengan aplikasi ini, proses pelayanan secara konvensional yang biasanya tiga sampai empat kali, bisa dipangkas menjadi hanya satu kali proses.

Diakuinya, saat ini pencairan sanka masih dilakukan dengan cara konvensional. Dengan cara ini ahli waris masih harus melengkapi berkas persyaratan dengan cara manual.

“Untuk saat ini memang masih manual, jadi ahli waris memang harus datang langsung saat menyerahkan persyaratan,” katanya.

Dengan aplikasi ini, masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari pusat kota Temanggung bisa mengakses dan mengurus berkas-berkas Sanka melalui perangkat desanya masing-masing. Syaratnya hanya menyertakan kartu keluarga (KK), KTP ahli waris dan akta kematian.

“Karena kasihan kalau yang rumahnya Bejan dan Tretep kalau bolak-balik ke Dindukcapil ngurus berkas dan lain-lain, dengan E-Sanka ini bisa dilakukan dari perangkat desanya kemudian yang bersangkutan datang ke Dinas Sosial tinggal ngambil uangnya saja,” tutupnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Kecamatan Parakan Temanggung Rusak Parah