Sambut Pemudik, Pemkot Magelang Aktifkan Lagi Satgas Jogo Tonggo

BOOSTER. Polres Magelang Kota mempercepat vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai tindak lanjut program Satu Juta Vaksin Booster.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
BOOSTER. Polres Magelang Kota mempercepat vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai tindak lanjut program Satu Juta Vaksin Booster.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANG SELATAN, MAGELANGEKSPRES.COM Pemkot Magelang akan mengaktifkan kembali Satgas Jogo Tonggo untuk mengantisipasi pemudik yang diprediksi lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19. Pasalnya, setelah dua tahun dilarang mudik, pada tahun 2022 akhirnya pemerintah memperbolehkan mudik bersyarat.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan bahwa saat ini wilayahnya masih harus menjalankan PPKM level 2. Meskipun secara umum, kasus turun signifikan bahkan sempat zero pasien Covid-19.

”Satgas Jogo Tonggo diaktifkan lagi karena mereka adalah garda terdepan agar masyarakat tetap waspada, karena pandemi Covid-19 belum berakhir,” katanya belum lama ini.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, Joko Budiyono menjelaskan telah berkoordinasi dengan para lurah untuk mengaktifkan kembali Satgas Jogo Tonggo.

Ia mengungkapkan menjelang kedatangan pemudik, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mulai bersiap mewaspadai kesehatan pemudik dalam mengatasi berkembangnya Covid-19.

Ia menjelaskan, petugas gabungan dari Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP akan mendirikan pos pantau di beberapa titik vital. Di Pospam juga akan dilengkapi petugas kesehatan yang akan memantau kesehatan para pemudik.

”Tugas Satgas Jogo Tonggo sendiri memantau kedatangan pemudik dari luar daerah. Kemudian juga memastikan bahwa pemudik dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menegaskan, bersamaan dengan arus mudik ini pihaknya akan tetap menjalankan program Satu Juta Vaksinasi Booster.

”Program Satu Juta Vaksinasi Booster ini merupakan salah satu akselerasi vaksinasi nasional. Diharapkan dengan berbagai upaya gelaran vaksinasi, segera terwujud kekebalan komunal termasuk di Kota Magelang,” ujarnya.

Pihak kepolisian menyediakan merk vaksin Booster antara lain Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna.

Lebih lanjut, Yolanda mengimbau bagi warga yang mudik ke Kota Magelang untuk selalu berhati-hati saat perjalanan pulang. Ia juga meminta pemudik yang sakit untuk lapor ke petugas kesehatan terdekat.

”Kita bersama-sama memanfaatkan mudik ini dengan baik, tapi juga tetap waspada karena pandemi belum berakhir,” pungkasnya. (wid)