Sambut HUT RI, Program RTLH dari Kasad Terus Dikebut

BEDAH RUMAH. Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 Kodim 0707 Wonosobo gelar  bedah rumah untuk masyarakat yang kurang mampu.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020, Kodim 0707 Wonosobo gelar bedah rumah untuk masyarakat yang kurang mampu. Pengerjaan dikebut dengan target minggu pertama bulan Agustus telah selesai.

“Kriteria rumah tidak layak huni, yang mendapatkan bantuan diantaranya seperti dinding menggunakan papan, sanitasi kurang memadahi, atap bocor. Pelaksanaan RTLH ini merupakan program bantuan Kasad dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020, dan dilaksanakan secara karya bakti,” ungkap Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pembangunan ini dimulai tanggal 31 Juli dan harus serahkan pada tanggal 5 Agustus 2020. Untuk itu Dandim memerintahkan kepada Danramil Garung dan Leksono agar pelaksanaan ini benar- benar dikawal. Kerahkan semua potensi wilayah yang ada sehingga bisa selesai sesuai target waktu yang telah ditentukan.

“Dari hasil seleksi, kita mendapatkan dua alokasi. Untuk sasaran kegiatan RTLH ada di  dua wilayah. Yaitu, Kecamatan Garung dan Leksono,” katanya.

Dua unit rumah yang dibangun tersebut merupakan hasil seleksi dari laporan seluruh danramil di Kabupaten Wonosobo. Dari semua laporan yang diterima akan diseleksi karena untuk Wonosobo hanya mendapatkan jatah dua unit saja. Rumah yang akan dibangun harus betul – betul tidak layak huni dan yang memiliki orang dalam kondisi tidak mampu.

Baca juga
Berikan Edukasi pada Pesepeda, Polres Magelang Kota Gowes Bareng Sambil Sosialisasi

Dari banyak yang diajukan para Danramil, pilihan jatuh kepada Koramil 04 Garung rumah atas nama Supriyono Kelurahan Garung dan Ropingah warga Jetis Pacarmulyo Leksono.  Pilihan kedua orang tersebut sudah sangat tepat, mereka termasuk orang tidak mampu dan kondisi rumahnya sangat memperihatinkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Apes! Jatuh dari Pohon Nangka, Seorang Pemburu Hewan Liar di Wonosobo  Ditemukan Meninggal

Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menekankan agar dalam pengerjaannya tidak hanya melihat waktu yang sangat terbatas akan tetapi juga mutu bangunan harus diperhatikan sebaik mungkin, tidak bisa  asal – asalan.

“Jangan membangun asal-asalan. Kita harus memberikan kepada rakyat sebuah karya yang baik sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama serta bagus jika dilihat,” pintanya.

Mendapatkan kepercayaan tersebut Danramil 04/Garung Kapten Inf Sutarto dan Danramil 13/Leksono Lettu Inf Salman T segera mengambil langka koordinasi dengan pemiliki rumah, ketua RT, RW dan Kelurahan serta sosialisasi ke masyarakat untuk bersama – sama membangun RTLH ini. Dengan adanya sosialisasi tersebut masyarakat diharapkan partisipasinya ikut bergotong royong sehingga dalam pelaksanaanya bisa selesai sesuai waktu yang telah ditentukan. (gus)