Rutan Purworejo Digeledah Tim Gabungan, Razia untuk Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58

GELEDAH RUANG TAHANAN . Ruang tahanan di Rutan Purworejo digeledah oleh petugas dalam sebuah razia gabungan dengan TNI dan Polri, kemarin malam. (foto: eko sutopo / purworejo ekspres)
GELEDAH RUANG TAHANAN . Ruang tahanan di Rutan Purworejo digeledah oleh petugas dalam sebuah razia gabungan dengan TNI dan Polri, kemarin malam. (foto: eko sutopo / purworejo ekspres)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo bersama dengan tim gabungan TNI dan Polri menggelar razia guna mencegah benda terlarang masuk ke kamar tahanan. Razia itu juga merupakan kegiatan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, dengan bertajuk “Pemasyarakatan Bersih-Bersih”.

Kepala Rutan Purworejo, Mochamad Mukaffi menyampaikan, dalam pelaksanaan kegiatan razia kamar hunian tersebut turut melibatkan TNI dan Polri dari Koramil Purworejo serta Polsek Purworejo pada Senin (18/4) malam kemarin. Keturutsertaan TNI dan Polri juga merupakan wujud transparansi Rutan Purworejo dalam pelaksanaan penggeledahan dan pemeriksaan kamar hunian warga binaan. Sehingga hasil dari kegiatan tersebut dapat diketahui bersama bahwa dalam pelaksanaannya Rutan Purworejo selalu bersifat transparan.

“Kita laksanakan kegiatan ini bersama-sama dengan TNI dan Polri, agar hasil dari kegiatan ini kita dapat saksikan bersama-sama, tidak ada yang ditutupi dari Rutan Purworejo ini, usai kegiatan nanti langsung kita publikasikan kepada umum sebagai wujud transparansi informasi dari Rutan Purworejo” kata Mukaffi, Rabu (20/4).

Kegiatan yang terlaksana mulai pukul 20.00 WIB hingga 21.30 WIB tersebut turut dihadiri seluruh petugas pemasyarakatan.

“Ini merupakan tindakan preventif Rutan Purworejo untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang seperti sajam dan alat komunikasi serta Pencegahan Pemberantasan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) di Rutan Purworejo,” ungkapnya.

Disebutkan, hasil dari kegiatan penggeledahan seluruh seluruh blok hunian warga binaan tersebut berhasil ditemukan satu set kartu domino, uang koin Rp1.000 6 buah, alat cukur jenggot 4 buah, paku 20 buah, sendok stainles 3 buah dan alat potong kuku 1 buah. Masing-masing telah diamankan oleh petugas dan diumumkan pada saat pengarahan kepada seluruh warga binaan di aula Baharuddin Loppa Rutan Purworejo.

“Kegiatan berjalan dengan tertib dan aman, serta mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya. (top)