Rutan Digeledah Tim Gabungan, Antisipasi Peredaran Narkoba dan Benda Berbahaya

GELEDAH. Petugas saat melakukan penggeledahan di kamar Rutan kelas II Purworejo untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rutan. 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Tim gabungan yang terdiri dari petugas Rutan Kelas II Purworejo bersama Sat Narkoba Polres Purworejo menggelar razia terhadap seluruh warga binaan penghuni rutan kelas II Purworejo, Kamis (4/2). Razia mendadak tersebut digelar untuk mengantisipasi adanya peredaran narkoba di dalam rutan maupun adanya benda berbahaya.

Dalam razia ini, petugas dari Polres dan dari rutan melakukan penggeledahan terhadap warga binaan satu persatu dan dilanjutkan penggeledahan kamar  bila ada barang terlarang seperti narkoba atau menyimpan benda yang berbahaya.

“Alhamdulillah tidak ditemukan barang-barang terlarang yang berbahaya didalam kamar  seperti narkoba, HP dan  sajam,” terang Kepala Rutan Kelas II B Purworejo Muhammad Mukaffi AMd IP SH MH.

Lanjut Mukaffi, dalam razia kali tersebut petugas hanya menemukan beberapa barang seperti korek api, vitamin yang di berikan oleh petugas kesehatan dan barang- barang lainnya yang tidak berbahaya.

“Razia gabungan ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin bulanan. Namun saat razia waktunya selalu tidak menentu dan mendadak, ini bertujuan untuk menghindari kebocoran, bahkan pegawai Rutan sendiri tidak ada yang tahu,” jelas Mukaffi.

Menurut Mukaffi, tujuan diadakannya razia adalah untuk mencegah adanya peredaran narkoba dan uang dan barang-barang larangan lainnya didalam Rutan Purworejo.

“Saat ini penghuni Rutan Purworejo sekitar 171 warga binaan yang  terdiri dari wanita 9  dan laki-laki 162,” ucap Mukaffi.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Purworejo Iptu Setio Raharjo SH MH  mengatakan, warga binaan Rutan Purworejo saat dirazia  bersih semua dari penggunaan narkoba, hasil pemeriksaan seluruh kamar warga binaan tidak ditemukan narkoba.

“Kami  tadi memeriksa semua kamar tahanan, semua bersih, tidak ditemukan obat terlarang atau narkoba, hanya ditemukan korek api untuk menyalakan rokok saja,” pungkas Iptu Setio Raharjo. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Purworejo Wadul Soal Wadas, Ini Tanggapan Ganjar