RSUD Djojonegoro Temanggung Tetap Buka Layanan Selama Ramadan

PERIKSA. Salah satu pasien sedang diperiksa kesehatannya oleh dokter di RSUD Temanggung, kemarin.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
PERIKSA. Salah satu pasien sedang diperiksa kesehatannya oleh dokter di RSUD Temanggung, kemarin.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djojonegoro Temanggung, tetap membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama bulan Ramadan, apalagi saat ini kondisi Covid-19 semakin melandai.

“Semua pelayanan kesehatan kami layani, harapan kami masyarakat tetap dalam kondisi sehat selama menjalani ibadah puasa,” kata Direktur RSUD Djojonegoro Temanggung Tetty Kurniawati, kemarin.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan mulai dari periksa kesehatan, rawat jalan hingga rawat inap, bisa didapatkan masyarakat secara umum.

“Semua pasien kami tangani, sesuai dengan penyakitnya, kalau penyakitnya umum akan kami tangani secara umum sesuai dengan prosedur yang berlaku, tapi jika pasiennya butuh penanganan khusus juga kami lakukan secara khusus, seperti Covid-19 ditangani khusus dengan tempat dan pelayanan khusus juga. Tapi jangan takut semua sudah sesuai prosedur dan tempatnya juga sudah berbeda-beda,” terangnya.

Tetty menuturkan puasa Ramadan dengan benar akan menjadikan tubuh sehat. Warga harus mengontrol dalam mengkonsumsi makanan yakni asupan bergizi disesuaikan kebutuhan tubuh.

Bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan untuk dapat segera berkonsultasi dengan dokter, baik dokter keluarga atau bisa datang ke RSUD Temanggung.

RSUD mempunyai dokter spesialis yang dibutuhkan masyarakat seperti spesialis penyakit dalam, THT, mata, syaraf, tulang dan anak. Yang terbaru adalah bedah syaraf, sehingga warga tidak lagi datang ke RS di kota besar untuk mendapat pelayanan dokter bedah syaraf.

“Kami melayani konsultasi kesehatan pada masyarakat. Tugas dokter tidak hanya mengobati tetapi juga konsultasi kesehatan, jadi orang sehat pun bisa datang ke dokter,” kata dia.

Dikatakan RSUD juga kini melayani katering sehat. Yakni pemesanan makanan sesuai dengan usia atau penyakit yang diderita warga. Terdapat layanan konsultasi dengan ahli gizi yang ada di RSUD.

“Katering sehat terbuka untuk masyarakat umum, pengiriman melalui jasa pengiriman,” katanya. (set)