Ridwan Kamil Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Ini Balas Budi ke Golkar

Ridwan Kamil Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Ini Balas Budi ke Golkar
Ridwan Kamil Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Ini Balas Budi ke Golkar

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil usai bertemu dengan Airlangga di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (15/5).

“Pertama tentu saya mendukung cita-cita Pak Airlangga, kapasitas beliau tanggung jawabnya besar sebagai Menko Ekonomi,” ujar Ridwan Kamil.

Kang Emil (RK) sapaan akrabnya mengaku akan membalas budi Partai Golkar, lantaran sudah mendukungnya di Jawa Barat saat menjadi Gubernur.

“Kalau nanti ada dimensi-dimensi politik yang mungkin tidak bisa dihitung dari sekarang ya, menjelang-menjelang pasti, saya berbalas budilah terhadap dukungan Golkar di Jawa Barat,” tegas Emil.

Saat ditanya potensi mendampingi Ketum Golkar untuk pilpres 2024, Kang Emil belum menyampaikan kesiapannya untuk mendampingi Airlangga Hartarto berlaga di Pilpres 2024. Dia mengaku akan memberi jawaban jika waktunya sudah tepat.

“Belum sampai ke situ, tapi kalau takdirnya sudah sampai ke situ, pertanyaannya juga dijawab dengan mudah kira-kira begitu,” tutur mantan Wali Kota Bandung ini.

Sementara itu, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan. Salah satunya soal sebutan untuk RK.

“Tadi saya sampaikan kepada Pak RK, singkatan RK artinya ‘Rada Kasep’,” kata Airlangga kepada Ridwan Kami.

Emil pun menyambutnya dengan senyuman. Kemudian Airlangga menjelaskan dalam pertemuan itu membahas beberapa hal, mulai dari pembangunan ekonomi dan infrastruktur di Jawa Barat hingga perkembangan politik di Indonesia.

“Tentu dalam pembicaraan kami membahas hal lain, perkembangan politik saat ini, di mana tentu Pak Emil selaku Gubernur Jawa Barat juga didukung partai golkar agar pekerjaannya bisa berjalan dengan lancar,” kata Airlangga.

Saat ditanya terkait apakah pertemuan membahas soal Calon Presiden (Capres) 2024, Airlangga Hartarto memastikan hal itu akan dibahas secara kolektif dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP.

“Seluruhnya kita akan dibahas secara bersama secara kolektif dengan KIB.” kata Airlangga.

Airlangga memastikan bahwa KIB saat ini menjadi medium terbuka terhadap seluruh perkembangan dan dinamika politik yang ada jelang Pemilu 2024.

Menko Perekonomian ini juga memastikan, bahwa Partai Golkar akan terus mendukung kinerja Ridwan Kamil di Jawa Barat.

“Golkar mengapresiasi capaian-capaian Pak Emil dan kita ingin menjaga proyek yang sudah dibuatkan Perpresnya oleh Pak Presiden bisa dikawal sampai 2024. Untuk mengawal itu koalisi akan bisa mengakselarasi itu,” ucap Airlangga.(rls)