Relawan BPBD Ikut Diklat PMI Kota Magelang

PENGHARGAAN. Ketua PMI Kota Magelang menyerahkan sertifikat saat penutupan Diklat PMR dan Relawan, Minggu (20/3). (foto : Heni/magelang ekspres)
PENGHARGAAN. Ketua PMI Kota Magelang menyerahkan sertifikat saat penutupan Diklat PMR dan Relawan, Minggu (20/3). (foto : Heni/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES. COM – PMI Kota Magelang bidang PMR dan Relawan menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan ( Diklat) Tanggap Darurat Bencana Tahun 2022 bagi anggota Relawan PMl dan Relawan BPBD Kota Magelang.

Diklat dibuka secara langsung oleh Machbud Yani Arfian, Kepala BPBD Kota Magelang. Ia menyampaikan terimakasih kepada PMI Kota Magelang bahwa relawan BPBD diikutsertakan dalam Diklat tersebut dan berharap menambah ilmu sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan penanggulangan bencana di wilayah Kota Magelang

Sumartono, ketua PMI Kota Magelang menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih bahwa di Kota Magelang sudah dibentuk BPBD sehingga dapat meningkatkan profesionalisme bagi relawan dan membentuk karakter serta lebih dekat dan dicintai oleh masyarakat dalam menangani tanggap Darurat Bencana di Kota Magelang.

Peserta Diklat sebanyak 31 orang yang terdiri dari unsur Korps Sukarela ( KSR), Tenaga Sukarela ( TSR), Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ( Sibat) dan Relawan BPBD Kota Magelang.

Diklat dilaksanakan secara teori dan simulasi di Wanawisata Puthuk Mangir, Desa Bawang Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang pada tanggal 18 – 20 Maret 2022. Materi meliputi Kepalangmerahan, Management Relawan, Management dan Teknik Pelaksanaan Posko, Management dan Teknik Pekaksanaan Logistik, Pelayanan Darurat dan Pertolongan Pertama ( PP) serta Water Sanitasi.

Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas profesionalisme Relawan PMI Kota Magelang dalam pelaksanaan Tanggap Darurat Bencana serta meningkatkan kerjasama seluruh elemen yang ada di PMI Kota Magelang .

Ketua PMI Kota Magelang menutup pelaksanaan Diklat di Wanawisata Puthuk Mangir, Desa Bawang Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.

Sumartono, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan serta panitia kegiatan yang telah mensukseskan kegiatan ini. “Alhamdulilah kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi relawan,”katanya

Usai penutupan para peserta dan panitia makan telur rebus bersama untuk kampanye mengajak gemar makan telur sehingga diharapkan bisa meningkatkan gizi dan menjaga imun bagi tubuh dimasa pandemi. (hen)