Razia Pelajar, Tas hingga Jok Motor Digeledah

RAZIA. Petugas Polsek dan Koramil 14/Muntilan dalam razia sajam dan miras di SMK Muhammadyah I Muntilan Magelang.
RAZIA. Petugas Polsek dan Koramil 14/Muntilan dalam razia sajam dan miras di SMK Muhammadyah I Muntilan Magelang.

MUNTILAN, MAGELANGEKSPRES.COM – Guna mengantisipasi kenakalan siswa/pelajar khusunya perkelahian dengan menggunakan senjata tajam maupun miras, SMK Muhammadyah I Muntilan Magelang menggelar razia terhadap seluruh siswanya, Senin (1/8/2022) pagi. Razia tersebut melibatkan puluhan anggota Polri dan TNI dari Polsek serta Koramil 14/Muntilan.

Dalam Razia yang bersifat dadakan, petugas memeriksa seluruh tas sekolah, handphone, hingga jok sepeda motor milik siswa.

Kepala SMK Muhammadyah I Muntilan Sutrisno S.T, mengungkapkan, maksud dan tujuan diadakannya operasi atau razia ketertiban siswa untuk mengantisipasi kenakalan siswa yang sering terjadi. Khususnya perkelahian dan penggunaan miras.

“Di samping itu untuk memberikan efek jera kepadaa siswa yang akan melakukan tindakan tawuran antar sekolah,” ucap Sutrisno.

Selain itu pihak sekolah juga dapat mendeteksi sedini mungkin sehingga bisa mencegah apabila ada siswa yang memiliki rencana tawuran atau hal-hal yang bersifat pelanggaran baik terhadap aturan di sekolah maupun pelanggaran hukum.

“Sehingga hal tersebut dapat segera di ambil langkah pencegahanya,” jelas Sutrisno.

Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada seluruh siswa di SMK Muhammadyah I Muntilan untuk bisa menghindari hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga, orang lain dan juga nama baik sekolah.

“Apabila di temukan ada siswa di SMK Muhammadyah 1 Muntilan terbukti membawa senjata tajam maka pihak Sekolah dengan diketahui oleh orang tua yang bersangktan, akan memberikan  sangsi sesuai peraturan yang sudah di tetapkan sekolah,” tandas Sutrisno.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Muntilan AKP, Abdul Muthohir S.H, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh SMK Muhammadyah I Muntilan ini.

“Kita sangat berterimakasih kepada SMK Muhammadyah I Muntilan yang sudah ikut berupaya mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, terutama tawuran antar pelajar yang kahir-akhir ini kembali terjadi di beberapa daerah,” kata AKP Muthohir.

AKP Muthohir menyebutkan, dalam Razia tersebut ada beberapa sasaran yang dilaksanakan terutama sajam dan miras

“Sasaran kita utamanya senjata tajam, dengan memeriksa seluruh isi tas siswa. Kemudian jok kendaraan siswa juga kita periksa satu persatu, termasuk handphone,” kata Muthohir.

Adapun hasil dari Razia yang dilakukan petugas tidak menemukan sajam maupun miras.  Kemudian dari pemeriksaan Handphone ditemukan Chat berisi hal-hal yang bisa menjurus pada tindakan kurang baik bagi pelajar.

“Selain itu ada beberapa sepeda motor yang kita ketahui tidak dipasang spion dan plat nomor Polisi. Ditemukan juga chat Wa berisi ajakan berkonvoi, kemudian ada video berisi beberapa siswa sedang pesta miras di suatu tempat.

Untuk sementara pembinaan kita serahkan kepada pihak sekolah dengan memanggil orang tua yang bersangkutan guna memastikan tidak akan terjadi konvoi, dan pesta miras lagi,” tegas Muthohir.

Muthohir berharap kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh sekolah-sekolah lainnya, terutama yang ada di wilayah Muntilan.

“Kita berharap hal ini nantinya diikuti oleh sekola-sekolah lainya,guna mencegah terjadinya kenakalan pelajar yang bisa mengakibatkan terjadinya pelanggaran hukum,” pungkas Muthohir.(cha)