Ratusan Warga Kota Magelang Rela Antre Dapatkan BLT Rp500 Ribu

ANTRE. Ratusan warga Tidar Utara, Magelang Selatan antre untuk mendapatkan dana bantuan sebesar Rp500 ribu, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
ANTRE. Ratusan warga Tidar Utara, Magelang Selatan antre untuk mendapatkan dana bantuan sebesar Rp500 ribu, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Ratusan warga Kelurahan Tidar Utara, Magelang Selatan, Kota Magelang mengantre bantuan langsung tunai (BLT) di Kantor Kelurahan Tidar Utara, Jalan Beringin, Rabu (20/4). Sebelum menerima dana bantuan, terlebih dahulu masyarakat harus mendaftar, mengambil tiket antrean, dan menunggu proses verifikasi petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang.

Sejak pagi, antrean terlihat cukup panjang. Namun, petugas sudah mengantisipasinya dengan menata tempat duduk berjaga jarak. Tidak sedikit, ibu-ibu yang membawa serta anak-anak mereka ikut antre.

Warga Kampung Tidar Dudan, Tidar Utara, Aisiyah (58) mengaku bahagia karena mendapatkan BLT di bulan Ramadan ini. Rencananya, uang itu akan dia gunakan untuk kebutuhan Lebaran nanti.

”Buat Lebaran saja. Beli makanan. Saya mengantre sejak tadi pagi tapi siang baru dapat giliran,” ujarnya.

Diakuinya, ia menerima uang BLT sebesar Rp500 ribu. Setelah mendapatkan uang, Aisiyah diminta untuk berfoto sembari membawa e-KTP dan uang ratusan ribu tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang Bambang Nuryanta mengatakan, penerima BPNT dan BLT Migor di Kota Magelang sebanyak 8.787 jiwa dengan masing-masing mendapatkan Rp500 ribu.

”Besarannya untuk BPNT ini Rp200 ribu sedangkan BLT minyak goreng sebesar Rp100 ribu per bulan dan dibagikan tiga bulan sekaligus atau Rp300 ribu. Setiap orang mendapatkan Rp500 ribu,” katanya.

Ia menjelaskan, Rabu (20/4) menjadi hari kedua pembagian BLT Migor dan BPNT. Pada hari yang sama, pembagian BLT juga dilayani di Kantor Kelurahan Jurangombo Selatan, Jurangombo Utara, Magersari, Rejowinangun Selatan, Gelangan, dan Kelurahan Rejowinangun Utara dengan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 3.827 jiwa.

“Sedangkan pada hari terakhir, besok (hari ini) distribusi akan digelar di Kelurahan Cacaban, Tidar Selatan, Magelang, dan Kelurahan Panjang dengan jumlah 2.060 KPM,” terangnya. (wid)