Ratusan Rumah di Kawasan Purworejo Selatan Terendam Banjir

Suasana banjir yang menggenangi Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Selasa (2/11) sore. (Foto lukman)
TERGENANG. Suasana banjir yang menggenangi Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Selasa (2/11) sore. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar di wilayah Purworejo, Selasa (2/11) siang membuat ratusan rumah di Desa Jatimalang terendam air. Air tersebut berasal dari luapan Kali Pasir muara Pantai  Keburuan yang berada di Kecamatan Ngombol.

Tak hanya pemukiman rumah warga di Desa Jatimalang, ratusan hektar lahan pertanian milik warga dan sejumlah tambak udang serta ikan milik warga di sepanjang tepi kali pasir dari Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi hingga Desa Keburuan Kecamatan Ngombol juga terendam banjir.

“Banjir ini datang sejak kemarin akibat hujan lebat dan tertutupnya muara pantai Desa Keburuan dan luapan kali pasir, namun hanya rumah warga di Dusun Krajan 2 dan Dusun Pathuk yang mengalami dampak banjir hingga kedalaman sampai 80 cm,” ungkap Kepala Desa Jatimalang, Suwarto.

Disampaikan, banjir itu merupakan banjir rutinan tiap tahun, akibat tertutupnya muara pantai Desa Keburuhan, namun banjir kali ini dianggap paling parah karena sampai4 merendam rumah warga. Selain itu banjir juga dipicu dengan adanya kedangkalan kali pasir yang melintasi desa itu.

“Untuk lahan yang terendam tidak hanya di Desa Jatimalang, namun desa lain yang dilalui kali pasir juga terendam, seperti Desa Pagak, Malang, dan Keburuhan,” katanya.

Pemerintah desa telah berupaya membuka muara pantai Desa Keburuan agar banjir segera surut. Namun demikina banjir baru bisa surut diperkirakan hingga dua hari kedepan.

“Kita sudah mengajukan normalisasi kali pasir, dari Desa Gedangan hingga Desa Keburuhan, harapan kami pemerintah segera merealisasikan normalisasi kali itu, agar banjir tidak terjadi lagi pada tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Gawat! Tujuh Kecamatan di Purworejo Terdeteksi Bahaya Narkotika