Ratusan Polisi Sudah Bersiaga di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Trio, Siap Amankan Demo Siang ini

Ratusan Polisi Sudah Bersiaga di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Trio, Siap Amankan Demo Siang ini
Ratusan Polisi Sudah Bersiaga di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Trio, Siap Amankan Demo Siang ini

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Ratusan personel polisi mulai berjaga di kompleks Jalan Jenderal Sudirman Magelang Selatan, hingga bundaran Hotel Trio, Jumat (9/10) pagi pukul 09.00 WIB. Mereka menggelar latihan khusus untuk pengamanan aksi unjuk rasa yang akan dilakukan Gerakan Rakyat Magelang Raya (Geram), siang nanti.

Berdasarkan pantauan, anggota kepolisian lintas satuan mulai menggelar kesiapan di depan Markas Polres Magelang Kota, Jalan Alun-alun Selatan. Mereka terdiri dari Brimob, Satlantas, Shabara, Satbinmas, dan lainnya. Terlihat pula anggota TNI.

Petugas juga menyiapkan peralatan khusus seperti tameng, helm, rompi, dan kendaraan antihuru-hara. Tak hanya kepolisian dari Polres Magelang Kota saja, beberapa truk kepolisian juga didatangkan dari Polres daerah lain seperti Kabupaten Temanggung dan Brimob Polda Jawa Tengah, Polres Wonosobo, dan lainnya.

Hingga pukul 10.45 WIB petugas masih bersiaga. Termasuk juga di area Artos Mall. Namun belum terlihat satupun pergerakan dari massa di kawasan tersebut.

Menurut rencana massa bakal memusatkan aksi di persimpangan Artos Mall Magelang. Meski jaraknya hanya beberapa meter dengan Kantor DPRD dan Pemkot Magelang, tetapi sejauh ini ada penjagaan khusus di area kantor pemerintah itu.

Massa berencana menyuarakan aspirasi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja dan sejumlah tuntutan lain.

Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan menjelaskan, pihaknya menyiagakan 550 personel kepolisian untuk mengamankan jalannya unjuk rasa. Pihaknya memastikan bahwa aksi ini tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

“Tapi kita tetap memberikan pengamanan dan melakukan langkah terarah terukur, terutama pengalihan arus ketika massa sudah mulai datang nanti,” jelasnya.

Ia berharap, tidak terjadi kerusuhan dalam rencana aksi nanti. Para koordinator lapangan diminta waspada agar tidak mudah disusupi provokator.

Pihaknya mengatakan akan menindak tegas segala bentuk kekerasan dan tindak kriminalitas. (wid)