Ratusan Atlet Catur di Purworejo Berlaga di Gala Desa

Ratusan Atlet Catur Berlaga di Gala Desa
SERAHKAN. Bupati menyerahkan papan catur sebagai penanda dibukanya even lomba catur gala desa.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Ratusan atlet catur Kabupaten Purworejo ikuti gala desa lomba catur massal dan catur kilat yang digelar di kompleks Alun-alun Purworejo, Selasa (26/11). Perlombaan tersebut diikuti oleh atlet catur dari beragam usia.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto mengungkapkan lomba catur massal dan catur kilat itu diperuntukkan semua kalangan. Hanya untuk kegiatan catur masal pihaknya mengerahkan anak-anak sekolah.

“Kita mengenalkan sejak dini terhadap cabang olahraga ini. Selain murah juga melatih otak anak-anak,” kata Sukmo ditemui di sela-sela kegiatan.

Baca Juga
Hasil Pilkades Serentak di Kabupaten Magelang, Masih Didominasi Calon Incumbent

Lebih lanjut dikatakannya, dalam perlombaan itu tercatat diikuti 810 atlet, mulai dari usia anak hingga dewasa. “Tentu kami berharap event semacam ini dapat melahirkan atlet-atlet catur dari Purworejo yang mampu mengharumkan nama daerah baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengatakan jika bidak catur di timur laut Alun-alun Purworejo sebenarnya tidak hanya untuk pajangan atau sekedar foto-foto saja. Masyarakat diperbolehkan memainkan papan tersebut, hanya saja karena ukurannya yang besar diminta untuk berhati-hati.

“Bidak-bidak catur itu boleh saja dimainkan karena bukan hanya sekedar pajangan,” kata Bupati.

Diungkapkan jika keberadaan papan catur lengkap dengan bidaknya memang diarahkan untuk mempercantik kawasan Alun-alun Purworejo. Keberadaannya diharapkan akan bisa memotivasi semangat atlet catur di Kabupaten Purworejo.

“Saya senang kegiatan ini dipusatkan di kawasan Alun-alun. Karena memang tempat ini kita jadikan sebagai ruang publik,” ungkap Bupati.

Dia berharap perlombaan itu tidak hanya dilakukan sekali ini saja. Namun ada tindaklanjut dimana bisa digelar secara rutin saban tahun. Bahkan dia membuka ruang agar dipersiapkan ada kegiatan yang memanfaatkan sepanjang trotoar yang melingkari alun-alun.

“Dengan adanya kegiatan yang berskala besar, saya yakin ini akan mengangkat nama Purworejo. Apalagi kalau sampai bisa memenuhi seluruh ruang di alun-alun ini,” tambahnya.

Baca Juga
RS Bersalin Budi Rahayu di Kota Magelang Resmi Beralih Jadi RS Umum

Dia memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan itu karena banyak melibatkan anak usia sekolah dasar. Menurutnya, bermain catur memiliki banyak manfaat karena di cabang olahraga tersebut lebih banyak mengandalkan kemampuan otak.

“Di sini kita akan bermain strategi. Kapan akan menyerang dan harus bertahan. Selain itu juga cabor ini memiliki filosofi yang mendalam,” kata Bastian.

Bastian bahkan menyebut jika catur boleh dikatakan sebagai miniatur politik. Bahkan di kalangan politisi ada nama Utut Ardianto yang memiliki latar belakang sebagai pemain catur.

“Jadi menurut saya, sangat baik jika mau menekuni catur baik itu sebagai hobi maupun untuk lomba. Banyak sisi manfaatnya,” katanya. (luk)