Ramai-ramai Bersihkan Material Longsor

    Ramai-ramai Bersihkan Material Longsor
    LONGSOR. Penanganan bencana longsor di Giritengah Borobudur melibatkan unsur masyarakat, aparat dan relawan.

    BOROBUDUR – Muhidin (52) warga Dusun  Secang RT  09 RW 02 Desa Giritengah  Borobudur Kabupaten Magelang sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu membersihkan material longsor yang menimpa rumahnya.

    Hal itu disampaikan ketika sedang istirahat selesai melaksanakan kerja bakti pembersihan tanah longsor. Kerja bakti pembersihan tanah longsor melibatkan Koramil Borobudur, Polsek, Satgas SAR  MTA, Relawan OPRB dan masyarakat sekitar.

    Seperti diberitakan sebelumnya, tembok rumah milik Muhidin jebol akibat tebing yang ada di belakang rumahnya longsor. Longsor terjadi pada sekitar pukul 17.30 Rabu (6/3). Tebing setinggi 15 meter panjang 10 meter longsor menimpa rumah milik Muhidin. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa.

    Dengan adanya bencana tersebut Babinsa  Giritengah bersama unsur terkait melaksanakan penanganan dampak tanah longsor. Berkat kesigapan petugas Koramil, Polsek, Relawan SAR, OPRB dan masyarakat tanah longsor segera bisa diatasi. Pembersihan dilaksanakan secara manual dengan menggunakan alat seadanya dan didukung dengan 2 buah mesin pompa air untuk mempermudah proses pembersihan lumpur.

    Babinsa Giritengah, Serka Jemirin,  yang turut serta dalam pembersihan lumpur berharap agar masyarakat harus waspada dan berhati – hati, mengingat saat ini musim hujan yang bisa menimbulkan bencana setiap saat.

    “Kami minta warga selalu waspada, mengingat musim hujan seperti ini bisa mengakibatkan bencana” pinta Serka Jemirin.

    Sementara itu dari Relawan Bravo Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Magelang, yang turut turun kelokasi bencana karena sudah menjadi tanggung jawab sebagai relawan.

    “Setiap terjun ke lokasi bencana, pasti ada, manfaat ,suka- dukanya. Petik hikmah, manfaat agar kita semakin sigap, dan semakin mengerti tentang kebencanaan dan cara mengatasi,” ucap salah satu anggota Wotok.(cha)

    Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi