Ramadan, Polsek Utara Bagi-bagi Takjil dan Bingkisan

Polsek Utara Bagi-bagi Takjil dan Bingkisan
BAGI TAKJIL. Kapolsek Magelang Utara Kompol I Gede Suwarti didampingi Wakilnya AKP Esti Wardiani dan beberapa bhayangkari membagikan takjil dan bingkisan kepada keluarga kurang beruntung, kemarin.

MAGELANG UTARA – Ada banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan penuh berkah ini. Misalnya, yang dilakukan jajaran Polsek Magelang Utara, Kota Magelang, kemarin. Mereka memberikan ratusan takjil dan bingkisan kepada sejumlah keluarga kurang beruntung.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi melalui Kapolsek Magelang Utara Kompol I Gede Suwarti mengatakan, khusus bingkisan diberikan kepada 5 rumah tangga di semua kelurahan di Magelang Utara.

“Ini menjadi cara kami untuk berbagi kebahagiaan, di bulan suci, termasuk dengan keluarga-keluarga yang kurang beruntung. Selain itu, kita juga adakan bagi-bagi takjil gratis,” katanya di sela-sela bakti sosial.

Gede menjelaskan bahwa mereka yang diberikan takjil gratis ini ada sekitar 100 orang. Mereka terdiri dari tukang parkir, tukang ojek, tukang becak, dan lainnya.

Saat didatangi anggota kepolisian, raut wajah mereka pun memancarkan senyum sumringah. Sejenak kemudian, mereka bersalaman dengan anggota kepolisian seolah menunjukkan sikap terima kasih.

”Ini wujud kepedulian Polri, apalagi bulan ini sangat indah dan suci. Kita sedang melaksanakan ibadah puasa, sehingga akan terasa sempurna jika kita juga berbagi,” kata Gede.

Ia menjelaskan aksi ini murni inisiasi para anggota. Selain merayakan ibadah puasa, kegiatan bakti sosial bagi takjil ini juga sebagai pendekatan dan humanisme anggota kepolisian.

”Kami berbagi kepada masyarakat. Berbagi berkah di bulan Ramadan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, satu per satu anggota dan Bhayangkari berjalan menyusuri keluarga yang ada di Magelang Utara. Mereka juga mendatangi tempat-tempat keramaian seperti Taman Badakan, Kebonpolo, Taman Depkes, dan lainnya untuk berbagi takjil.

Takjil yang sudah dikantongi dengan plastik kresek itu kemudian dibagikan kepada para tukang becak dan pedagang yang tengah berada di sekitar tempat itu.

Selain membagikan takjil, anggota juga memanfaatkan petemuan dengan warga dengan cara berinteraksi, sosialisasi, sekaligus diskusi. Ia pun tak menampik jika kedatangannya itu sempat dikira razia lalu lintas.

”Kami spontan saja langsung memberikan takjil kepada tukang becak, tukang parkir, dan pedagang. Sempat ada yang ngira kalau ini razia, padahal tidak,” ungkapnya didampingi Wakapolsek Magelang Utara AKP Esti Wardiani.

Gede menyempatkan diri untuk berkunjung ke toko-toko di Jalan A Yani guna memberi penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Terlebih toko-toko, katanya, rentan terjadi tindak kejahatan menjelang perayaan hari raya.

“Saya mengimbau kepada pemilik toko untuk meningkatkan kewaspadaan. Kemudian kepada warga agar waspada dan hati-hati bila hendak keluar rumah. Pastikan terkunci dan semua aliran listrik, kompor dimatikan terlebih dahulu,” pungkasnya. (wid)