Raih IPK 3.97 Wisudawan Polbangtan YoMa Jadi Lulusan Terbaik Kementan

Raih IPK 3.97 Wisudawan Polbangtan YoMa Jadi Lulusan Terbaik Kementan
Wisuda Nasional Politeknik Kementan

YOGYAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian menggelar wisuda nasional Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) tahun akademik 2021/2022. Prosesi wisuda digelar di Auditorium Kementerian Pertanian dan diikuti oleh 1.454 wisudawan.

Sebanyak 312 wisudawan yang hadir secara langsung dari Polbangtan Yogyakarta Magelang merupakan mahasiswa dari 6 program studi (Prodi) yaitu Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Prodi Agribisnis Hortikultura, Prodi Teknologi Benih, Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Prodi Teknologi Produksi Ternak serta Prodi Teknologi Pakan Ternak.

Prosesi Wisuda yang diawali dengan Sidang Senat Terbuka ini dihadiri secara langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dalam arahannya SYL mengajak lulusan mahasiswa Polbangtan dan PEPI untuk menggunakan semua akses teknologi yang ada dalam membangun sektor pertanian yang maju dan modern.

“Empat tahun membangun akademik intelektual, tentu kalian sudah menguasai ilmu pertanian dan itu menjadi modal yang luarbiasa. Kalian adalah andalan seluruh bangsa, bahkan negeri yang kau pijaki menunggu kalian. kamu muda, kamu yang berkreasi, pertanian tidak pernah berhenti, pertanian dibutuhkan negeri ini. Bangsamu bangsa terbesar keempat membutuhkan pertanian. itu yang harus kalian patokan dalam diri,” tegas SYL.

Ditemui pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan dengan mengusung tema “SDM Pertanian yang Profesional, Berdaya Saing, dan Berjiwa Wirausaha Siap Menghadapi Krisis Pangan Global”, wisuda Nasional digelar tak hanya mengukuhkan kelulusan mahasiswa yang telah selesai mengikuti pendidikan di Politeknik Lingkup Kementerian Pertanian saja, namun memotivasi mahasiswa untuk berperan nyata dalam pembangunan pertanian.

Pelaksanaan wisuda nasional Polbangtan dan PEPI juga dalam rangka membangun citra pendidikan vokasi pertanian lingkup Kementerian Pertanian, kesiapan bekerja di DUDIKA, meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di bidang pertanian serta memberikan kebanggaan kepada lulusan dan keluarganya serta mendorong para alumni Polbangtan dan PEPI untuk menjadi wirausaha muda pertanian.

“Kalian juga harus segera menjadi wirausaha pertanian dengan memanfaatkan semua ilmu yang telah didapat serta memanfaatkan teknologi industri 4.0 . Jika sudah mampu memanfaatkan teknologi industri 4.0 berarti kalian masuk dalam kelompok former society 5.0. 10 tahun kedepan, sektor pertanian ada di genggaman kalian. oleh karena itu harus siap bertempur di samudera pembangunan pertanian,” ungkapnya.

Prestasi membanggakan ditorehkan wisudawan Polbangtan Yogyakarta Magelang pada tahun ini. Tercatat sebanyak 6 Mahasiswa berhasil dinobatkan menjadi bagian dari 27 lulusan terbaik. Dua diantaranya yaitu Alvi Intan Nur Aisyah (Prodi Agribisnis Hortikultura) dan Fani Nurul Aini (Prodi Teknologi Pakan Ternak). Keduanya berhasil meraih predikat Cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97. Capaian IPK ini sekaligus menjadi yang tertinggi diantara seluruh lulusan.

Direktur Polbangtan turut bangga atas prestasi yang ditorehkan anak didiknya. Bambang turut berpesan kepada seluruh wisudawan bahwa wisuda bukanlah akhir, namun titik awal perjuangan di medan tempur pembangunan pertanian sesungguhnya.

“Lulusan Polbangtan YoMa harus dapat berkontribusi positif kepada masyarakat khususnya pembangunan pertanian, fokus untuk mencari solusi. Pertanian merupakan sektor yang sangat menjanjikan, karena selama manusia hidup, maka pertanian dan pangan akan selalu dibutuhkan,” pungkas Bambang.(hms)