Raih Gelar Doktor Lewat Penelitian Apel Mangrove dan Yogurt Susu Kambing Jeki Wibawanti Jadi Doktor Termuda di UMP

UJIAN DOKTOR. Jeki Wibawanti menjalani Ujian Doktor yang dipimpin Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof Dr Ir Bambang WHEP MS MAgr IPU, belum lama ini. (istimewa)
UJIAN DOKTOR. Jeki Wibawanti menjalani Ujian Doktor yang dipimpin Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof Dr Ir Bambang WHEP MS MAgr IPU, belum lama ini. (istimewa)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Dosen Prodi Peternakan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jeki Mediantari Wahyu Wibawanti SPt MEng MSi berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (Undip). Lewat penelitiaannya tentang pemanfaatan apel mangrove dalam pembuatan yogurt susu kambing, perempuan berusia 34 tahun itu pun menjadi Doktor termuda di UMP.

Jeki Wibawanti menjalani Ujian Doktor yang dipimpin Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof Dr Ir Bambang WHEP MS MAgr IPU, belum lama ini. Judul disertasinya yakni ”Potensi Yogurt Susu Kambing dengan Sinbiotik Inulin Ekstrak Apel Mangrove  (Soneratia caseolaris) dan Lactobacillus plantarum sebagai Minuman Fungsional”.

Dalam disertasinya itu, Jeki mengangkat potensi apel mangrove sebagai sumber pangan alternatif.

“Apel mangrove merupakan salah satu sumber pangan alternatif khas pesisir yang sangat potensial untuk dikembangkan,” katanya saat dikonfirmasi pada Kamis (4/8).

Menurutnya, apel mangrove merupakan salah satu sumber serat yang baik untuk tubuh. Untuk menghasilkan serat seperti yang diharapkan, Jeki mengambil ekstrak inulin dari apel mangrove dengan berbagai suhu ekstraksi.

Serat pangan itu dapat berperan sebagai prebiotik. Prebiotik ini dimanfaatkan oleh probiotik (Lactobacillus plantarum).

“Prebiotik merupakan bahan pangan yang tidak dapat dicerna oleh saluran cerna dan memberi pengaruh menguntungkan terhadap mikroflora, sedangkan probiotik merupakan bakteri baik yang dapat mendukung sistem pencernaan,” sebutnya.

Diungkapkan, kombinasi antara prebiotik dan probiotik atau yang disebut sinbiotik ini, diaplikasikan dalam pembuatan yogurt susu Kambing Peranakan Etawa (PE).

“Penambahan sinbiotik itu menjadikan produk yogurt susu kambing minuman fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan karakteristik yogurt yang dapat diterima oleh masyarakat,” jelasnya.

Penelitian tersebut, lanjutnya, dilakukan bekerja sama dengan Undip, UM Purworejo, Mangrove Institut, BBVet Wates, dan beberapa laboratorium.

Ketua Prodi Doktor Ilmu Peternakan Undip Prof Dr Ir Agung Purnomoadi MSc, menyebut Jeki Wibawanti meraih doktor dengan predikat cumlaude. Ia memperoleh IPK 4,00 dengan lama studi tiga tahun. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam tiga Jurnal Internasional Scopus.

Sementara itu, Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MAg memberikan apresiasi atas keberhasilan Jeki Wibawanti menyelesaikan studi doktoralnya di Undip.

”Semoga ilmunya semakin bermanfaat dan memberikan kemajuan untuk UM Purworejo” tandasnya. (top)