Rahasia di Balik Tanggal Kemerdekaan

0
274
Rahasia Dibalik Tanggal Kemerdekaan
PENGAJIAN. KH Achmad Chalwani saat menyampaikan pengajian dalam rangka HUT RI ke 74 Desa Wonoyoso Kecamatan Pituruh.

PITURUH – Allah SWT seolah memberikan pesan tersembunyi terkait tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. Bilangan tanggal bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia identik dengan perintah menjalankan rukun Islam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan KH Achmad Chalwani saat memberikan ceramah dalam rangka peringatan HUT RI ke 74 yang digelar oleh warga Desa Wonoyoso Pituruh bekerjasama dengan mahasiswa KKN STAIAN di desa setempat, Sabtu (17/8) malam.

“Bangsa Indonesia merdeka pada tanggal 17 bulan 8 tahun 45. Ini semua mencerminkan perintah Allah SWT kepada rakyat Indonesia agar senantiasa ingat perintah Allah dan dijalankan dengan sungguh-sungguh,” kata pengasuh Ponpes An-Nawawi tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, angka 17 mencerminkan jumlah rakaat salat yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Islam selama satu hari satu malam. Angka 8 artinya 8 doa yang dibaca saat duduk di antara dua sujud. Sementara 45 kalau dijumlah menjadi angka 9 yang artinya wali 9. Selain itu, Proklamasi kemerdekaan juga dibacakan saat bulan Ramadan.

“Ini tidak kebetulan asal otak atik gatuk tapi memang dibenarkan oleh Allah SWT. Seolah Allah berkata, hai Bangsa Indonesia, kalian diberikan kemerdekaan tapi jangan lupa senantiasa beribadah menjalankan syariat agama,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Wakil Rais Syuriah PWNU Jateng tersebut mengungkapkan sejarah pergerakan bangsa Indonesia yang banyak diinisiasi oleh kyai-kyai dan santri. Perang Jawa yang dahsyat, tidak lain digerakkan oleh Pangeran Diponegoro yang juga merupakan seorang santri.

“Bahkan setelah Pangeran Diponegoro diasingkan, masih ada puluhan pertempuran dahsyat yang dilakukan oleh prajurit-prajurit Diponegoro sebelum akhirnya mereka membuat pondok-pondok pesantren di berbagai wilayah di tanah Jawa,” katanya.

Sementara itu, Ketua kelompok VI KKN STAIAN di Wonoyoso Pituruh, Aqli Qorib Alfarisi mengungkapkan, kegiatan pengajian umum tersebut salah satu rangkaian yang pada peringatan kemerdekaan RI ke 74. Sebelumnya, aneka kegiatan perlombaan yang diikuti oleh anak-anak, pemuda hingga orang tua telah dilaksanakan beberapa hari terakhir.

“Puncaknya adalah jalan santai keliling Desa Wonoyoso yang akan digelar besok pagi sekaligus pembagian hadiah dan doorprize kepada masyarakat,” katanya.(luk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here