Putus Covid-19, Warga Dusun Jurangsari Dirapid

RAPID TES. Masyarakat Windusari laksanakan Rapid Tes di Puskesmas Windusari guna memutus penyebaran Covid-19.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, Puskesmas Windusari, gelar pemeriksaan rapid tes terhadap warga Dusun Jurangsari Desa Gondangrejo Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang,  Rabu (3/3/2021).

Dari pihak Puskesmas Windusari, drg Rury Suryani, meminta kepada seluruh kades untuk aktif melakukan tracking dan testing kepada warga apabila ada inidikasi yang terkonfirmasi. Selain itu sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, Pemerintah sudah mulai melakukan rapid test di beberapa desa wilayah Kecamatan Windusari.

Baca Juga
Caption Home Store Buka di Artos Mall Magelang

“Tes ini bertujuan agar petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus covid-19 tidak semakin bertambah,” tandasnya.

Dijelaskan, rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona.

“Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona, untuk mencegah penyebaran Covid 19 di wilayah Kecamatan Windusari,” ucap Rury Suryani.

Babinsa Koramil 04 /Windusari Sertu Saruwah dan beberapa anggota yang lain ikut melaksanakan pendampingan rapid test ini merupakan salah satu tugas aparat teritorial, dalam rangka membantu pemerintah daerah memutus penyebaran virus corona.

“Melalui rapid tes ini diharapkan dapat dilakukan langkah-langkah antisipasi dan penanganan secara cepat agar wabah corona tidak semakin berkembang di wilayah kita,” tutur Saruwah

Dalam kesempatan tersebut Babinsa juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mengikuti pemeriksaan tersebut agar selalu menerapkan disiplin kesehatan.

“Selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan senantiasa menjaga jarak guna mencegah tertular Virus tersebut,” imbuh Saruwah.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Diskon Pajak Mobil Baru Diperpanjang hingga Desember 2021, Ini Ketentuannya