Puting Beliung Ngamuk Lagi di Temanggung, Pohon Tumbang Timpa Kendaraan dan Tutup Jalan

TUMBANG. Pohon berukuran besar di Jalan Sudirman Temanggung tumbang menimpa kendaraan bermotor.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
TUMBANG. Pohon berukuran besar di Jalan Sudirman Temanggung tumbang menimpa kendaraan bermotor.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Hujan deras disertai angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Temanggung. Kali ini sejumlah pohon tumbang karena tidak kuat menahan derasnya hujan dan kencangnya angin yang terjadi pada, Selasa (29/3).

Dari pantauan koran ini di kota Temanggung sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa titik di antaranya di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Kartini. Pohon tumbang di jalan tersebut sempat menyebabkan kemacetan yang cukup pajang.

Bahkan kendaraan yang akan masuk ke kota Temanggung terpaksa harus putar balik karena pohon yang tumbang itu menutup semua badan jalan. Tidak hanya itu pohon besar itu juga menimpa sejumlah kendaraan bermotor.

“Kebetulan saat hujan disertai angin yang sangat kencang, saya sedang berkendara menggunakan mobil, saat itu jalan sudah tidak jelas terlihat, sehingga banyak pengguna jalan yang melambatkan laju kendaraannya,” jelas Muslihin salah satu pengguna jalan, Selasa (29/3).

Sesampainya di Jalan Jendral Sudirman tepatnya setelah kantor Dinas Kesehatan Temanggung dari arah Magelang, ada pohon tumbang yang cukup besar, sehingga menutup total akses jalan.

“Saya juga ikut putar balik, karena jalan sama sekali tidak bisa dilalui, padahal saya mau ke arah Wonosobo,” katanya.

Dengan terpaksa dirinya harus memutar kembali ke arah Magelang, sesampainya di perempatan Terminal Madureso, dirinya memutuskan untuk mengambil arah Seroyo dan melalui Jalan Kartini. Tapi ternyata di Jalan Kartini juga ada pohon tumbang.

“Saya putar balik lagi, Jalan Kartini juga tidak bisa dilalui,” ucapnya.

Ia mengaku sangat beruntung, meskipun dirinya sedang berkendara saat hujan deras disertai angin kencang terjadi, namun tidak ada halangan apapun yang menimpa dirinya.

“Alhamdulillah semua baik-baik saja, kalau hanya macet itu sudah biasa,” tuturnya.

Dika pengguna jalan lainnya memuturkan hal yang sama. Dirinya bahkan sempat kaget saat pohon itu ambruk. Pasalnya saat itu dirinya sedang berteduh tidak jauh dari lokasi itu.

“Tiba-tiba angin kencang datang, pohon itu perlahan-lahan ambruk karena diterjang angin,” ceritanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung langsung terjun ke sejumlah titik kejadian, evakuasi dilakukan dengan menggunakan gergaji mesin dan peralatan lainnya. Dalam waktu kurang lebih satu jam, jalan raya di kedua titik sudah mulai lancar.

Hanya saja data terkait dengan kerugian serta korban dalam kejadian tersebut belum diketahui secara pasti.

“Ada sepeda motor dan mobil yang tertimpa pohon, ada salah satu pengendara sepeda motor yang langsung dibawa ke rumah sakit,” kata Kepala BPBD saat di konfirmasi melalui WA. (set)