Puskesmas di Temanggung Siaga 24 jam Selama Libur Lebaran

Ilustrasi puskesmas (foto: puskesmastemanggung.temanggungkab.go.id)
Ilustrasi puskesmas (foto: puskesmastemanggung.temanggungkab.go.id)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung, menyiapkan layanan kesehatan 24 jam nonstop selama perayaan Idul Fitri 1443 H.

Bahkan semua puskesmas di Temanggung disiagakan untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan, libur panjang Idul Fitri tidak berlaku bagi petugas kesehatan. Selama perayaan Lebaran mereka tetap wajib menjalankan tugasnya melayani masyarakat.

“Sudah diatur sedemikian rupa, sehingga tetap bisa melayani masyarakat dengan optimal,” katanya, kemarin.

Bahkan katanya, puskesmas-puskesmas akan memberikan pelayanan selama 24 jam agar masyarakat bisa lebih nyaman dan aman menikmati libur Lebaran.

Terutama untuk layanan persalinan, petugas akan selalu siap mendampingi masyarakat Temanggung dengan baik.

“Utamanya memang untuk pelayanan persalinan, pelayanan ini memang tidak mengenal waktu dan harus siap setiap saat melayani proses kelahiran,” terangnya.

Namun demikian lanjutnya, tidak hanya persalinan saja, layanan kesehatan lainnya juga akan dilayani dengan baik. Apalagi di tengah libur Idul Fitri ini.

Intan mengimbau, selama perayaan Idul Fitri 1443 H, masyarakat harus menjaga pola makan dengan baik. Sebab dengan pola makan yang tidak teratur maka bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit.

“Jangan sembarangan makan, pola makan harus tetap dijaga. Apalagi selama Lebaran pasti banyak kudapan dan makanan yang mengoda selera, tapi tetap harus pahami diri agar kesehatan tidak terganggu,” pesannya. (set)